Urutan Makanan, Bantu jaga Gula Darahmu


Nada Fillyaninda WriterNada Fillyaninda Writer, 26 Jan 2023

Ladies, tahukah kamu kalau urutan makanan yang kamu konsumsi sangat berdampak pada kadar gula dalam darah?

Penelitian dari Weill Cornell Medical College di New York City, Amerika Serikat, menunjukkan kalau urutan jenis makanan yang kita konsumsi setiap hari dapat mencegah lonjakan gula setelah makan.

Hal ini sangat membantu pasien diabetes untuk mengontrol gula darah dan untukmu yang ingin menurunkan berat badan, lho!

 

Kadar Gula Darah

Secara umum, kadar gula darah normal seseorang bervariasi, tergantung pada aktivitas fisik, jenis makanan, obat yang digunakan dan lainnya. Kenaikan kadar gula darah dapat terjadi dan dipicu oleh faktor tertentu, seperti dehidrasi, hormon, stres, penyakit tertentu, dan suhu ekstrem. Sementara kadar gula turun, biasanya karena pola makan tidak teratur.

 

Jika tidak dikontrol, kadar gula yang terlalu tinggi atau rendah dapat berdampak buruk pada tubuhmu, Ladies! Berbagai penyakit serius, mengintai. Apalagi dengan semakin mudah dan banyaknya pilihan berbagai jenis makanan manis di sekitar kita.

 

Lonjakan Gula Darah

Lonjakan gula darah atau biasa disebut spikes, terjadi saat jumlah glukosa di aliran darah meningkat secara tiba-tiba, sebelum mendadak menurun dengan tajam. Lazim disebut sugar rush dan sugar crush, lonjakan gula darah menyebabkan perasaan lelah dan lapar.

 

Terlalu banyak gula yang kamu konsumsi akan membuat darahmu mengental, dan ini menyulitkan jantung untuk memompa ke seluruh tubuh. Pankreas yang bekerja mengatur keseimbangan insulin dan membuat glukosa masuk ke sel tubuh, dapat terganggu. Jika dibiarkan sering terjadi dalam waktu lama, hal ini bisa menyebabkan masalah jantung, ginjal, penglihatan, syaraf dan penyakit diabetes.

 

Urutan Makanan untuk Membantu Lonjakan Gula Darah

Menurut penelitian, urutan makanan saat makan dapat membantumu mencegah sugar spikes.

Sayuran dan protein disarankan untuk dimakan sebelum karbohidrat. Hal ini mengurangi kadar glukosa hingga 40% dan insulin pun lebih rendah.

 

Dengan memakan sayuran dan protein terlebih dulu, tubuh akan lebih siap mencerna karbohidrat. Cara ini dapat meratakan kurva insulin dan glukosa terlebih dahulu berkat pasokan menggunakan serat yang memperlambat pengosongan lambung. Oleh karena itu, lonjakan gula pun berkurang. Urutan ini pun diklaim dapat memperlambat penuaan, membantu kontrol berat badan dan menyeimbangkan hormon.

 

Ini dia beberapa catatan untukmu yang ingin menjaga kadar gula darahmu tetap normal setelah makan:

 

  1. Protein Lebih Dulu

Hindari jenis protein berupa daging berlemak dan daging yang diproses seperti sosis dan nugget. Gantilah protein dengan kacang-kacangan, telur, ikan, ayam, dan kacang-kacangan tanpa garam. Jenis protein ini biasanya tinggi serat dan tidak terlalu mempengaruhi kadar gula darahmu.

 

  1. Lebih Banyak Sayuran

Sayur memiliki serat tinggi, mengandung banyak vitamin dan mineral, dan membuatmu merasa lebih kenyang, lebih lama. Brokoli, timun, bahkan wortel dapat mencegah lonjakan gula darah.

 

  1. Tambahkan Kayu Manis, Kurangi Garam

Penelitian di jurnal Annals of Family Medicine menunjukkan kalau kayu manis membantu menyeimbangkan kadar gula dalam darah. Kayu manis juga dapat membantu fungsi pankreas. Tambahkan di dalam makananmu untuk rasa lebih kaya dan manfaat sehatnya!

 

  1. Pilih Karbo Sehat Setelah Makan Protein + Sayuran

Karena karbohidrat memang pasti menghasilkan glukosa, akan lebih bijak untuk kita memilih jenis karbohidrat yang sehat untuk dikonsumsi setelah makan protein dan sayur. Sumber karbohidrat sehat diantaranya adalah nasi merah, oat, kacang-kacangan, ubi, jagung, dan karbohidrat kompleks lainnya. Porsi karbohidrat sebaiknya tidak melebihi segenggam tanganmu atau sekitar 40-60 gr setiap makan.

 

  1. Minum Cukup

Minum air putih yang cukup dapat membantu mengontrol gula darah. Air dapat mencegah dehidrasi dan membuat sisa gula terbuang melalui urin.

 

Itulah penjelasan dan beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk makan lebih sehat dan menghindari lonjakan gula darah! Selain pola makan yang lebih baik, jangan lupa untuk berolahraga paling tidak 30 menit, 3x seminggu untuk memastikan metabolisme tetap lancar dan hormonmu terjaga.

 

Curves menawarkan latihan lengkap yang merupakan gabungan dari latihan kekuatan otot dan kardio, untuk memastikan kamu mendapat manfaat maksimal! Jangan lupa kunjungi laman sosial media kami di IG dan FB untuk melihat-lihat lebih dekat, ya!