Artikel & Tips
Motivasi, inspirasi, serta informasi untuk menjalankan hidup sehat


11 Nov 2022

Tanaman rumput laut pasti sudah tidak asing untuk masyarakat di negara-negara Asia. Selain sering dijadikan sebagai bahan makanan, memiliki rasa yang lezat, ternyata rumput laut juga memiliki beragam manfaat untuk kesehatan tubuh, lho.

Rumput laut termasuk dalam kelompok ganggang (Algae) yang mengandung protein, karbohidrat, serat, mineral, dan asam lenak tak jenuh. Selain itu, rumput laut juga mengandung berbagai nutrisi dan vitamin, seperti vitamin C, vitamin B, vitamin E, vitamin A, besi dan yodium, serta mengandung antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari stres oksidatif dan mengurangi peradangan pada tingkat sel.

Apa saja ya manfaat rumput laut untuk kesehatan?

  1. Menjaga kesehatan jantung
    Rumput laut mampu menurunkan tekanan darah yang juga dapat membantu mengurangi kolestrol LDL dan kadar kolestrol total. Serat tinggi dalam rumput laut mampu membantu menurunkan kadar kolestrol dalam darah. Tak hanya itu, rumput laut juga mengandung antioksidan tinggi yang sangat baik untuk mendukung kesehatan jantung.
  2. Menyehatkan pencernaan
    Rumput laut memiliki kandungan serat yang penting untuk membantu mencegah semua penyakit pencernaan. Rumput laut mengandung prebiotik yang berfungsi untuk memberi makan bakteri sehat di saluran pencernaan. Selain itu, rumput laut juga mengandung serat yang dapat mengurangi rasa lapar dan membuat tubuh merasa kenyang lebih lama.
  3. Membantu fungsi tiroid
    Kelenjar tiroid berfungsi untuk mengontrol dan melepaskan hormone untuk produksi energy, pertumbuhan, dan perbaikan sel. Tiroid membutuhkan yodium agar berfungsi dengan benar dan rumput laut adalah solusinya karena sangat kaya akan yodium.
  4. Menstabilkan kadar gula darah
    Antioksidan dalam rumput laut berperan dalam meningkatkan control gula darah dan mengurangi risiko diabetes.
  5. Mengurangi risiko kanker
    Rumput laut membantu mengurangi risiko kanker seperti salah satunya kanker payudara. Serat dalam rumput laut seperti selenium dan zinc dapat menurunkan kadar estrogen dalam tubuh.

Ladies, selain rumput laut berguna bagi kesehatan kita, ingat bahwa tubuh juga perlu diimbangi dengan olahraga. Apalagi, olahraga di Curves sudah lengkap karena terdiri dari latihan kekuatan otot, latihan kardiovaskular, dan juga peregangan. Setelah berolahraga, kamu juga bisa mengkonsumsi rumput laut karena mineral yang terkandung di dalamnya mampu menyeimbangkan cairan tubuh, volume darah, tekanan darah, dan tingkat pH cairan tubuh yang keluar dari keringat. Cek dan ketahui lebih banyak mengenai informasi-informasi kesehatan dengan bergabung di Curves. Segera buat janji temu GRATIS di bulan ini!


03 Nov 2022

Kita sadar bahwa konsumsi makanan yang digoreng cukup sering di temukan di Indonesia bahkan menjadi favorit banyak orang. Restoran dan penjual di pinggir jalan kerap memakai metode ini sebagai cara cepat dan murah dalam memasak. Apalagi teksturnya yang renyah dan citra rasanya yang gurih membuat gorengan lebih enak dibandingkan diproses dengan teknik memasak lain.

Segala jenis makanan yang digoreng memiliki lemak dan kalori yang lebih tinggi dibandingkan makanan yang dimasak dengan teknik lain. Ketika digoreng, makanan akan kehilangan air dan menyerap lemak sehingga kalorinya melonjak. Selain itu, makanan digoreng juga megandung banyak lemak trans, lemak yang terbentuk saat minyak menjadi lemak padat dan berkaitan dengan berbagai penyakit kronis.

Curves sangat peduli pada kesehatan wanita, sehingga kamu kamu perlu tahu bahaya yang disebabkan olah makanan yang digoreng. Beberapa efek samping terlalu banyak makan gorengan adalah naiknya kadar kolesterol jahat, tekanan darah, hingga meningkatkan risiko obesitas. Risiko lain yang penting untuk kamu perhatikan adalah:

  • Meningkatkan risiko penyakit jantung
    Orang yang kerap makan gorengan memiliki risiko terkena serangan jantung, jantung coroner, dan gagal jantung lebih tinggi. Gorengan yang cenderung memiliki kalori tinggi mengandung banyak lemak trans, dan bisa menyebabkan kadar kolestrol jahat melonjak. Kada kolestrol tinggi akan membuat lemak menumpuk pada dinding pembuluh darah arteri jantung.

 

  • Menyebabkan kelebihan berat badan
    Gorengan mengandung kalori tinggi. Semakin tinggi asupan kalori harian seseorang, semakin tinggi pula risiko seseorang mengalami obesitas. Selain itu, kandungan lemak trans dalam makanan yang digoreng juga memengaruhi kerja hormon yang dapat meningkatkan nafsu makan dan menambah penyimpanan lemak.

 

  • Meningkatkan risiko diabetes
    Makanan yang digoreng biasanya dilapisi tepung. Makanan yang diolah seperti ini akan lebih tinggi kalori dan mengandung lebih banyak karbohidrat sederhana dan lemak tidak sehat. Terlalu banyak lemak dalam makanan tidak hanya dapat menyebabkan penambahan berat badan, tetapi juga meningkatkan risiko terjadinya diabetes.

    Mungkin ada beberapa upaya yang bisa dilakukan untuk menghindari bahaya makanan gorengan seperti mengganti minyak goring yang biasa digunakan dengan jenis minyak yang lebih sehat, perhatikan suhu ketika menggoreng makanan, atau coba teknik memasak lain seperti memanggang.

    Selain upaya-upaya tersebut, imbangi pola hidup dengan berolahraga karena olahraga mampu membakar lemak jahat. Olahraga akan merangsang enzim yang membantu mengeluarkan kolestrol jahat. Tidak ada kata terlambat untuk kamu memulai untuk hidup lebih sehat. Segera daftarkan dirimu untuk analisis GRATIS dan ikuti program-program seru di Curves!


27 Oct 2022

Masalah jerawat yang diakibatkan oleh perubahan hormon seringkali dialami oleh wanita. Perubahan hormon terjadi dalam tubuh kita setiap bulan, saat hamil, setelah melahirkan, hingga menjelang menopause. Ketidakseimbangan hormon tertosteron yang meningkat dan penurunan kadar estrogen, memicu kelenjar minyak aktif di kulit.

“Hormon androgen dapat meningkatkan aktivitas kelenjar minyak. Kelenjar ini memang berperan untuk memproduksi zat sebum yang sebetulnya bermanfaat untuk melembabkan dan melubrikasi kulit kita. Tapi, saat diproduksi berlebihan, minyak dan kotoran dapat terperangkap di bagian atas kulit. Jika tidak dibersihkan, bisa membuat kulit meradang dan berjerawat.” Tania Elliott, dokter ahli penyakit dalam, menjelaskan.

Biasanya, jerawat hormonal terjadi setelah usia remaja, tumbuh di pipi, dagu dan rahang, hanya tumbuh di waktu tertentu secara rutin, dan benjolannya terasa lebih menyakitkan.

Salah satu cara mengatasi masalah jerawat hormonal adalah dengan…berolahraga! Olahraga membantu membuka pori-pori, mengurangi stress, melatih jantung, dan memperbaiki sirkulasi darah ke seluruh tubuh terutama kulit. Dan, olahraga juga membantu menyeimbangkan kadar hormon kortisol dalam darah.

Tentu saja, kamu harus memperhatikan beberapa hal agar olahraga–yang juga menghasilkan tambahan minyak di kulit, bisa membantu kondisi jerawat hormonal. Berikut beberapa tips untukmu:

  1. Bersihkan wajahmu sebelum berolahraga
    Saat kamu berolahraga, aliran darah akan meningkat ke kulit, dan membuka pori-pori. Make-up dapat menyebabkan keringat dan bakteri dari luar terjebak di pori-pori yang sedang membesar. Kalau kamu tidak sempat mencuci muka sebelum latihan, gunakanlah tisu pembersih make-up tanpa minyak.
  2. Ikat rambut dan jauhkan dari area wajah
    Minyak alami dari rambut dan produk rambutmu (kondisioner, hair oil, hairspray atau mousse) dapat berpindah ke kulit wajah saat kamu berolahraga. Rambut juga bisa membuat kulitmu semakin lembab. Hal ini dapat menyumbat pori dan membuat pertumbuhan jamur yang menyebabkan jerawat.
  3. Hindari menyentuh muka dengan tangan
    Walaupun seluruh peralatan fitness telah didesinfeksi, kamu tetap harus sadar untuk tidak menyentuh wajahmu saat berolahraga.
  4. Gunakan pakaian nyaman khusus olahraga
    Pakaian yang terlalu ketat dapat membuat kondisi terbaik untuk jerawatmu tumbuh, lho. Jangan lupa untuk berganti pakaian sebelum dan setelah berolahraga.
  5. Cuci muka dan seka tubuh setelah berolahraga
    Setelah beraktivitas dengan banyak keringat, pastikan kamu menyeka tubuh dan mencuci wajah untuk menjaga kebersihan kulit.Tips yang paling penting… Carilah tempat berolahraga yang nyaman, di mana kamu gak perlu worry saat bersih-bersih tapi juga bikin kamu rajin olahraga!

    Latihan di Curves Indonesia saja, yuk! Dengan 26 klub di seluruh Indonesia, seluruh latihan dilakukan di lokasi yang super cantik dan sangat nyaman, hanya untuk perempuan. Kamu akan dipandu oleh Coach berpengalaman dan tersertifikasi setiap latihan, dan targetmu terpantau dengan baik.

    Karena kita women’s gym, kamu juga bisa dengan bebas menggunakan pakaian olahraga favorit dan bersih-bersih tanpa khawatir, lho!
    Segera hubungi kami untuk mendapatkan Janji Temu. Kamu akan mendapatkan Analisis Tubuh serta Club Tour GRATIS!


20 Oct 2022

Kondisi wajah kusam kadang membuat wanita menjadi tidak percaya diri. Banyak orang yang rela mengeluarkan uang bahkan sampai jutaan rupiah demi mempunyai kulit wajah glowing. Lantas, apakah ada cara membuat wajah glowing permanen?

Kulit adalah element kecantikan yang sangat penting karena mewakili penampilan dan menjadi indikator kesehatan seseorang. Memiliki kulit wajah glowing sudah pasti menjadi impian wanita. Untuk memiliki kulit yang glowing, kamu harus memiliki gaya hidup yang mendukung kulitmu agar lebih sehat. Kamu bisa memulai dari memperhatikan kebersihan tubuh dan makanan yang kamu konsumsi.  Makanan yang mengandung banyak vitamin A, vitamin C, vitamin E, dan antioksidan adalah makanan-makanan yang baik untuk tubuh. MSM (metil-sulfonil-metana) juga bisa membantu meregenerasi dan menutrisi kulit. Tahukah kamu bahwa kulit menjadi salah satu hal terpenting untuk kamu perhatikan kulit menjadi jalur untuk menyerap nutrisi dari luar; sehingga penting untuk selalu memperhatikan kesehatan kulit baik dari dalam maupun luar.

Kulit kita terbentuk dari kolagen yang kadang bisa rusak karena pengaruh bahan-bahan kimia atau faktor eksternal di dalam tubuh. Kulit juga bisa rusak akibat dari kurangnya asupan nutrisi, dehidrasi, terkena cahaya matahari berlebihan, menggunakan produk kecantikan dengan bahan kimia berlebihan, atau bahkan suhu udara yang terlalu dingin. Jika kesehatan organ di dalam tubuh kita sedang tidak baik, tubuh akan memproduksi racun yang nantinya dapat merusak kesehatan bahkan mempercepat penuaan kulit. Mari kita simak beberapa hal penting berkaitan dengan kulit dan juga beberapa bahan yang mungkin bisa kamu pertimbangkan untuk gunakan sehari-harinya:

Jerawat
Jerawat sering kali diakibatkan karena proses pencernaan lemak dan asimilasi metabolisme yang buruk. Bisa jadi tubuhmu tidak bisa memproses metabolisme lemak dan minyak di dala tubuh secara menyeluruh sehingga muncul jerawat. Mungkin ada beberapa makanan yang diasosiasikan dengan tumbuhnya jerawat seperti makan makanan yang mengandung banyak minyak, konsumsi margarin, bahan makanan hewani yang mengandung banyak lemak, kacang-kacangan, dan juga bahan makanan mengandung susu hasil pasteurisasi. Cobalah untuk memperbanyak konsumsi sayuran hijau dan menggunakan produk kecantikan berbahan alami, hindari menyentuh permukaan kulit dengan tangan yang kotor, dan juga mengurangi stress dengan melakukan olahraga rutin.

Sabun-sabunan
Kulit bisa mudah rusak apabila terkontaminasi bahan-bahan sabun atau produk kecantikan yang tinggi kadar alkalinnya. Alkalin sangat berbahaya terutama untuk kamu yang memiliki kulit kering. Mungkin kamu bisa mempertimbangkan untuk menggunakan pembersih wajah dengan air hangat yang dicampurkan dengan bahan alami seperti perasan air lemon ataupun cuka apel. Alternatif lainnya seperti menggunakan teknik dry brushing.
Baca juga Mengenal Dry Brush dan Manfaatnya bagi Kesehatan Kulit (link)

Lotion dan Minyak
Perhatikan penggunaan losion dan minyak. Hindari menggunakan produk ini secara langsung ke wajah terutama ketika wajah sedang berminyak, luka, atau ketika sedang tidak bisa menyerap dengan baik. Kami akan memberikan beberapa bahan yang bisa kamu pertimbangkan berkaitan dengan kesehatan kulit di bawah ini:

  • Minyak Kelapa
    Setelah mengalami pubertas, kulitmu akan mulai memproduksi minyak secara natural. Minyak yang dihasilkan disebut dengan sebum yang mampu menghambat pertumbuhan bakteri, jamur, dan virus. Akan tetapi banyak orang yang tidak paham dan menggunakan produk yang bisa menghilangkan minyak alami ini. Kamu bisa memilih produk yang mengandung minyak kelapa untuk membantumu mengurangi bakteri dan virus yang terdapat di kulitmu.
  • Minyak Biji Anggur
    Losion berbahan dasar biji anggur bisa menjadi antioksidan yang sangat baik untuk memperkaya dan menjaga kerusakan kolagen pada kulit.
  • Sinar Matahari
    Selain memperkuat tulang, memperlancar pereadaran darah, memperkuat daya tahan tubuh, sinar matahari juga bisa membantu menjaga kesehatan kulit. Namun, perlu diingat bahwa sinar matahari yang dibutuhkan disini tidak boleh berlebihan atau terlalu panas. Kamu bisa mencoba untuk berjemur sekitar sepuluh menit di bawah matahari, lima menit untuk bagian depan dan lima menit untuk bagian belakang; kemudian meningkatkan durasi sekitar tiga puluh menit. Kamu juga bisa mengunakan minyak kelapa atau kakao untuk kulitmu sebelum berjemur agar kulitmu tidak terlalu kering dan terproteksi.
  • Produk dengan Antioksidan
    Bahan ini umum ditemukan pada sayur-sayuran segar. Suplemen mungkin akan dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan antioksidan. Antioksidan akanmembantu melindungi sel darah putih dari oksidasi dan memperbaiki kerusakan akibat sinar matahari.

    Kulit Kering
    Bagian terluar kulit atau biasa disebut dengan stratum corneum adalah bagian yang perlu diperhatikan. Bagian kulit ini menjadi indicator kelembapan kulit dan biasanya terbuat dari kulit-kulit mati dan minyak. Bagian kulit terluar biasanya akan beregenerasi setiap tiga puluh hari atau lima puluh hari sekali. Kamu perlu mempertimbangkan untuk menggunakan bahan-bahan diatas untuk mengurangi kurangnya nutrisi untuk kulit bagian luar tersebut.

    Setelah mengenal berbagai dan informasi seputar kesehatan kulit, penting untuk selalu mengingat bahwa kesehatan kulit harus dijaga dari luar dan dalam. Faktanya, olahraga menjadi salah satu kontribusi kesehatan kulit yang paling besar karena olahraga membantu melatih kesehatan jantung, melancarkan peredaran darah, meningkatkan produksi kolagen, dan menghambat penuanaan dini. Semoga tips ini membuatmu semakin termotivasi untuk lebih memperhatikan pemilihan bahan dan melakukan aktifitas yang mendukung kesehatan kulit. Stay healthy, stay beautiful!


13 Oct 2022

Dry Brush adalah sebuh teknik perawatan tubuh yang dilakukan dengan menyikat kulit tubuh dalam keadaan kering menggunakan sikat lebut. Berbeda dengan srubbing, dry brushing tidak menggunakan eksfoliator berupa butiran seperti garam, gua pasir, atau bubuk kopi. Metode ini dapat membantu menghilangkan kulit terkelupas, meningkatkan sirkulasi, detoksifikasi, membantu pencernaan dan menghilangkan selulit. Di bawah ini, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan berkaitan dengan dry brushing.

Bagaimana cara dry brush menggunakan copper brush (sikat tembaga)?

Untuk mendapatkan manfaat dry brushing, dibutuhkan sikat mandi yang berbulu kaku alami. Sikat berbahan tembaga bisa digunakan untuk mengurangi stress. Caranya mudah, gunakan pada permukaan kulit yang kering, mulai dari bagian kaki dan sikat kearah atas. Bilas bagian tubuh yang sudah disikat setelah menggunakan minyak tubuh.

Bagaimana cara membersihkan sikat berbahan copper (tembaga)?

Isi mangkuk dengan air hangat sehingga bulu-bulu sikat terkena air. Pastikan bagian pegangan tidak terkena air. Tambahkan beberapa tetes sabun, buat sabun berbusa dengan menggoyangkan sikat. Buang air dan isi ulang dengan air hangat biasa. Ulangi proses untuk menghilangkan sabun dari bulu.

Seberapa sering kamu harus melakukan dry brush untuk kesehatan limfatik?

Dry brush bisa kamu lakukan satu sampai dua kali per-minggu. Umumnya, para ahli merekomendasikan untuk melakukan dry brush tidak lebih dari satu sampai dua kali per-minggu. Jangan lupa untuk mencuci sikat yang kamu gunakan dengan shampoo bayi setidaknya dua kali dalam sebulan untuk menghilangkan sisa kulit mati yang tertumpuk. Jika kamu memiliki kulit yang sensitive, cobalah untuk menyikat secara rutin beberapa minggu sekali.

Apakah dry brush membantu mengurangi kondisi kulit crepey?

Crepey skin adalah kondisi dimana kulit tipis menyerupai kertas, sangat berkerut dan kendur. Jika melakukan dry brush, dapat membantu mengencangkan kulit karena cara ini membantu mengalirkan darah ke bagian kulit paling luar. Dry brush akan meningkatkan sirkulasi serta mengurangi selulit.

Apakah kamu dry brush pada ketiakmu?

Melakukan dry brush akan membantu mempercepat detoksifikasi kulit ketiak karena dry brush memberikan efek drainase limpatik dan membantu mengurangi penyumbatan pori-pori. Perlahan gunakan sikat bagian luar ketiak dari atas ke bawah untuk mengurangi limpatik secara efektif.

Apakah dry brush bisa mengurangi racun di dalam tubuh?

Dry brush dipercaya dapat menghilangkan racun dalam tubuh melalui keringat. Bulu pada sikat akan membantumu untuk merangkasang pori-pori agar lebih terbuka, sehingga akan tubuh akan lebih mudah berkeringan sehingga dapat mengurang jumlah racun yang mengalur melalui sistem limfatik.

Ingat ya, Ladies, meski teknik dry brush mudah dilakukan sendiri di rumah, tidak berarti kamu bisa sembaran melakukannya. Kesalahan dalam mempraktikan dry brushing dapat membuat kulit mengalam kerusakan seperti iritasi dan juga kemerahan. Oleh karena itu, gunakan brush yang tepat dan perhatikan kondisi kulitmu terlebih dahulu sebelum mempraktekkan teknik ini. Terlebih jika kamu aktif berolahraga, perhatikan kondisi kulit dan teknik dry brush-mu agar tidak menyebabkan iritasi ya, Ladies. Daftarkan dirimu untuk analisis GRATIS di Curves serta temukan copper dry brush eksklusif Curves di klub terdekat.

Stay pretty inside and outside!