Bolehkah Lansia Berolahraga? – Testimoni Member Lansia Tjoa Giok Tjin


Arief WibisonoArief Wibisono, 25 Mar 2021

 

Tjoa Giok Tjin: Usia Bukan Halangan Untuk Tetap Aktif dan Produktif

Tjoa Giok Tjin adalah salah seorang member Curves Indonesia yang paling senior. Ketika kebanyakan lansia lebih banyak menghabiskan waktu sehari-harinya untuk duduk dan berdiam diri, di usianya yang sudah melewati angka 80 tahun, kini Tjoa Giok Tjin justru semakin aktif dan produktif dalam berbagai kegiatan.

Sebelum bergabung dengan Curves, Tjoa Giok Tjin pun mengalami masa-masa tidak produktif dikareanakan suatu insiden.

“Dahulu saya pernah jatuh, sehingga saya tidak berolahraga lagi. Akibatnya, saya tidak memiliki cara untuk mengendalikan berat badan dan kesehatan saya.”

Saat berhenti berolahraga, Tjoa Giok Tjin merasakan langsung dampak buruknya. Ia merasa bahwa tubuhnya kurang bertenaga, cepat lelah, bahkan hingga mengalami kram. Atas dasar hal itulah, ia perlu berolahraga kembali namun tentu harus olahraga yang aman dan nyaman untuk usia dan kondisi tubuhnya.

Beruntungnya, Tjoa Giok Tjin diperkenalkan dan diajak berolahraga di Curves oleh salah seorang temannya yang sudah aktif menjadi member Curves Sunda. Pada saat itu, ia membuat janji temu dengan para coach di Curves Sunda untuk melakukan tur klub, cek kebugaran, konsultasi, dan mencoba berbagai macam mesin hidrolik Curves. Setelah itu, karena merasa cocok dan aman, ia pun akhirnya memutuskan untuk bergabung juga di Curves Sunda pada tahun 2018.

Tjoa Giok Tjin berkata “Target saya tidak muluk-muluk mengingat umur saya yang sudah senior, yang penting saya ingin bisa tampil cocok mengenakan baju apa saja, dan bisa sehat seterusnya.”

Setelah berlatih selama 12 bulan di Curves, Tjoa Giok Tjin pun merasakan dampak positif yang melampaui ekspektasinya. Ia merasakan bahwa badannya menjadi lebih fit, tidurnya pun menjadi lebih nyenyak, sesak nafas berkurang, bahkan berat badannya berkurang sebanyak 2,9 kg juga lemak tubuhnya berkurang 2,7.

“Saya gembira sekali, apalagi di Curves saya jadi memiliki teman-teman baru dan dijaga oleh para coach yang ramah dan selalu memperhatikan saya,” pungkasnya.

 

Simak kisah lainnya DI SINI.