Tidak Hanya Menyehatkan Mata, Wortel Juga Memiliki Banyak Manfaat Lainnya


Arief WibisonoArief Wibisono, 22 Apr 2021

Berbagai Manfaat Wortel

Wortel terkenal sebagai makanan yang menyehatkan mata karena mengandung banyak vitamin A. Namun bukan itu saja, ternyata sayuran berwarna cerah ini juga memberi banyak manfaat lainnya untuk kesehatan tubuh. Bukan hanya vitamin A, wortel juga mengandung banyak nutrisi lainnya, yakni energi, serat, protein, lemak, karbohidrat, thiamin (vitamin B1), riboflavin (vitamin B2), niasin (vitamin B3), vitamin C, vitamin K, potassium, kalsium, fosfor, zat besi, natrium, kalium, tembaga, zinc; serta antioksidan yang tinggi yaitu beta karoten, alfa karoten, lutein, lycopene, antosianin, dan polyacetylenes.

Kayanya nutrisi wortel, membuat sayuran ini memberikan banyak manfaat untuk tubuh, yakni:

 

1. Menjaga Kesehatan Mata

Wortel adalah sayuran yang terkenal baik untuk mata. Hal tersebut dikarenakan wortel mengandung tinggi vitamin A, dan  antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas dalam mata. Dengan mengonsumsi wortel, kita dapat membantu mencegah berbagai masalah pada mata, seperti, mata minus, rabun dekat, astigmatisme, katarak, dan glaucoma.

 

2. Meningkatkan Metabolisme dan Kekebalan Tubuh

Mengonsumsi wortel dapat meningkatkan sekresi empedu, sehingga metabolisme tubuh akan meningkat. Selain itu, wortel juga rendah kalori sehingga baik dikonsumsi ketika menjalankan program diet. Karena mengandung antioksidan yang tinggi, wortel pun dapat menangkal radikal bebas. Kemudian, vitamin C dalam wortel juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan mencegah terjadinya peradangan serta kerusakan sel. Namun, jangan lupa imbangi konsumsi wortel dengan olahraga rutin ya!

 

3. Menurunkan Tekanan Darah dan Melindungi Jantung

Wortel tidak mengandung kolesterol jahat sehingga baik dikonsumsi oleh penderita tekanan darah tinggi dan jantung. Selain itu, kandungan serat, kalium, dan antioksidan dalam wortel bahkan dapat menjaga tekanan darah tetap stabil. Wortel juga memiliki kandungan kalium yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah sehingga kadar kolesterol akan seimbang. Dengan demikian, dengan mengonsumsi wortel berarti risiko hipertensi, stroke, dan penyakit jantung akan menurun.

 

4. Menjaga Kesehatan Otak dan Menurunkan Risiko Kanker

Dari waktu ke waktu, fungsi otak mengalami penurunan. Salah satunya yakni disebabkan oleh radikal bebas. Selain itu, radikal bebas pun dapat meningkatkan risiko terkena penyakit kanker. Kedua hal tersebut salah satunya dapat diatasi oleh wortel. Beta karoten dan antioksidan dalam wortel dapat menghambat penurunan fungsi otak dan mencegah kaker. Selain itu, dengan mengonsumsi wortel secara teratur pun dapat membuat daya ingat menjadi semakin tajam dan mengurangi risiko demensia akibat bertambahnya usia.

 

5. Menjaga Kesehatan dan Kecantikan Kulit

Vitamin C dalam wortel dapat mendorong terbentuknya kolagen sehingga kulitmu akan sehat dan cantik. Selain itu, betakaroten dalam wortel pun dapat mengurangi peradangan pada kulit, mengatasi kerusakan kulit akibat terpapar sinar matahari, dan jika dikonsumsi secara teratur, wortel pun dapat mengatasi masalah kulit seperti ruam atau psoriasis

 

Itulah manfaat wortel untuk tubuh, namun ingat ya jangan mengonsumsi wortel terlalu berlebihan, dan selalu olahraga secara teratur.

 

Simak berbagai tips gaya hidup sehat lainnya dengan bergabung bersama Curves Indonesia. Kirimkan Nama+NO HP+Klub Terdekat ke DM Instagram Curves Indonesia.