Tips Olahraga untuk Masalah Jerawat Hormonal


Ardina Lukita WriterArdina Lukita Writer, 27 Oct 2022

Masalah jerawat yang diakibatkan oleh perubahan hormon seringkali dialami oleh wanita. Perubahan hormon terjadi dalam tubuh kita setiap bulan, saat hamil, setelah melahirkan, hingga menjelang menopause. Ketidakseimbangan hormon tertosteron yang meningkat dan penurunan kadar estrogen, memicu kelenjar minyak aktif di kulit.

“Hormon androgen dapat meningkatkan aktivitas kelenjar minyak. Kelenjar ini memang berperan untuk memproduksi zat sebum yang sebetulnya bermanfaat untuk melembabkan dan melubrikasi kulit kita. Tapi, saat diproduksi berlebihan, minyak dan kotoran dapat terperangkap di bagian atas kulit. Jika tidak dibersihkan, bisa membuat kulit meradang dan berjerawat.” Tania Elliott, dokter ahli penyakit dalam, menjelaskan.

Biasanya, jerawat hormonal terjadi setelah usia remaja, tumbuh di pipi, dagu dan rahang, hanya tumbuh di waktu tertentu secara rutin, dan benjolannya terasa lebih menyakitkan.

Salah satu cara mengatasi masalah jerawat hormonal adalah dengan…berolahraga! Olahraga membantu membuka pori-pori, mengurangi stress, melatih jantung, dan memperbaiki sirkulasi darah ke seluruh tubuh terutama kulit. Dan, olahraga juga membantu menyeimbangkan kadar hormon kortisol dalam darah.

Tentu saja, kamu harus memperhatikan beberapa hal agar olahraga–yang juga menghasilkan tambahan minyak di kulit, bisa membantu kondisi jerawat hormonal. Berikut beberapa tips untukmu:

  1. Bersihkan wajahmu sebelum berolahraga
    Saat kamu berolahraga, aliran darah akan meningkat ke kulit, dan membuka pori-pori. Make-up dapat menyebabkan keringat dan bakteri dari luar terjebak di pori-pori yang sedang membesar. Kalau kamu tidak sempat mencuci muka sebelum latihan, gunakanlah tisu pembersih make-up tanpa minyak.
  2. Ikat rambut dan jauhkan dari area wajah
    Minyak alami dari rambut dan produk rambutmu (kondisioner, hair oil, hairspray atau mousse) dapat berpindah ke kulit wajah saat kamu berolahraga. Rambut juga bisa membuat kulitmu semakin lembab. Hal ini dapat menyumbat pori dan membuat pertumbuhan jamur yang menyebabkan jerawat.
  3. Hindari menyentuh muka dengan tangan
    Walaupun seluruh peralatan fitness telah didesinfeksi, kamu tetap harus sadar untuk tidak menyentuh wajahmu saat berolahraga.
  4. Gunakan pakaian nyaman khusus olahraga
    Pakaian yang terlalu ketat dapat membuat kondisi terbaik untuk jerawatmu tumbuh, lho. Jangan lupa untuk berganti pakaian sebelum dan setelah berolahraga.
  5. Cuci muka dan seka tubuh setelah berolahraga
    Setelah beraktivitas dengan banyak keringat, pastikan kamu menyeka tubuh dan mencuci wajah untuk menjaga kebersihan kulit.Tips yang paling penting… Carilah tempat berolahraga yang nyaman, di mana kamu gak perlu worry saat bersih-bersih tapi juga bikin kamu rajin olahraga!

    Latihan di Curves Indonesia saja, yuk! Dengan 26 klub di seluruh Indonesia, seluruh latihan dilakukan di lokasi yang super cantik dan sangat nyaman, hanya untuk perempuan. Kamu akan dipandu oleh Coach berpengalaman dan tersertifikasi setiap latihan, dan targetmu terpantau dengan baik.

    Karena kita women’s gym, kamu juga bisa dengan bebas menggunakan pakaian olahraga favorit dan bersih-bersih tanpa khawatir, lho!
    Segera hubungi kami untuk mendapatkan Janji Temu. Kamu akan mendapatkan Analisis Tubuh serta Club Tour GRATIS!