Tips Menjaga Kulit-mu tetap Glowing!


Ardina Lukita WriterArdina Lukita Writer, 20 Oct 2022

Kondisi wajah kusam kadang membuat wanita menjadi tidak percaya diri. Banyak orang yang rela mengeluarkan uang bahkan sampai jutaan rupiah demi mempunyai kulit wajah glowing. Lantas, apakah ada cara membuat wajah glowing permanen?

Kulit adalah element kecantikan yang sangat penting karena mewakili penampilan dan menjadi indikator kesehatan seseorang. Memiliki kulit wajah glowing sudah pasti menjadi impian wanita. Untuk memiliki kulit yang glowing, kamu harus memiliki gaya hidup yang mendukung kulitmu agar lebih sehat. Kamu bisa memulai dari memperhatikan kebersihan tubuh dan makanan yang kamu konsumsi.  Makanan yang mengandung banyak vitamin A, vitamin C, vitamin E, dan antioksidan adalah makanan-makanan yang baik untuk tubuh. MSM (metil-sulfonil-metana) juga bisa membantu meregenerasi dan menutrisi kulit. Tahukah kamu bahwa kulit menjadi salah satu hal terpenting untuk kamu perhatikan kulit menjadi jalur untuk menyerap nutrisi dari luar; sehingga penting untuk selalu memperhatikan kesehatan kulit baik dari dalam maupun luar.

Kulit kita terbentuk dari kolagen yang kadang bisa rusak karena pengaruh bahan-bahan kimia atau faktor eksternal di dalam tubuh. Kulit juga bisa rusak akibat dari kurangnya asupan nutrisi, dehidrasi, terkena cahaya matahari berlebihan, menggunakan produk kecantikan dengan bahan kimia berlebihan, atau bahkan suhu udara yang terlalu dingin. Jika kesehatan organ di dalam tubuh kita sedang tidak baik, tubuh akan memproduksi racun yang nantinya dapat merusak kesehatan bahkan mempercepat penuaan kulit. Mari kita simak beberapa hal penting berkaitan dengan kulit dan juga beberapa bahan yang mungkin bisa kamu pertimbangkan untuk gunakan sehari-harinya:

Jerawat
Jerawat sering kali diakibatkan karena proses pencernaan lemak dan asimilasi metabolisme yang buruk. Bisa jadi tubuhmu tidak bisa memproses metabolisme lemak dan minyak di dala tubuh secara menyeluruh sehingga muncul jerawat. Mungkin ada beberapa makanan yang diasosiasikan dengan tumbuhnya jerawat seperti makan makanan yang mengandung banyak minyak, konsumsi margarin, bahan makanan hewani yang mengandung banyak lemak, kacang-kacangan, dan juga bahan makanan mengandung susu hasil pasteurisasi. Cobalah untuk memperbanyak konsumsi sayuran hijau dan menggunakan produk kecantikan berbahan alami, hindari menyentuh permukaan kulit dengan tangan yang kotor, dan juga mengurangi stress dengan melakukan olahraga rutin.

Sabun-sabunan
Kulit bisa mudah rusak apabila terkontaminasi bahan-bahan sabun atau produk kecantikan yang tinggi kadar alkalinnya. Alkalin sangat berbahaya terutama untuk kamu yang memiliki kulit kering. Mungkin kamu bisa mempertimbangkan untuk menggunakan pembersih wajah dengan air hangat yang dicampurkan dengan bahan alami seperti perasan air lemon ataupun cuka apel. Alternatif lainnya seperti menggunakan teknik dry brushing.
Baca juga Mengenal Dry Brush dan Manfaatnya bagi Kesehatan Kulit (link)

Lotion dan Minyak
Perhatikan penggunaan losion dan minyak. Hindari menggunakan produk ini secara langsung ke wajah terutama ketika wajah sedang berminyak, luka, atau ketika sedang tidak bisa menyerap dengan baik. Kami akan memberikan beberapa bahan yang bisa kamu pertimbangkan berkaitan dengan kesehatan kulit di bawah ini:

  • Minyak Kelapa
    Setelah mengalami pubertas, kulitmu akan mulai memproduksi minyak secara natural. Minyak yang dihasilkan disebut dengan sebum yang mampu menghambat pertumbuhan bakteri, jamur, dan virus. Akan tetapi banyak orang yang tidak paham dan menggunakan produk yang bisa menghilangkan minyak alami ini. Kamu bisa memilih produk yang mengandung minyak kelapa untuk membantumu mengurangi bakteri dan virus yang terdapat di kulitmu.
  • Minyak Biji Anggur
    Losion berbahan dasar biji anggur bisa menjadi antioksidan yang sangat baik untuk memperkaya dan menjaga kerusakan kolagen pada kulit.
  • Sinar Matahari
    Selain memperkuat tulang, memperlancar pereadaran darah, memperkuat daya tahan tubuh, sinar matahari juga bisa membantu menjaga kesehatan kulit. Namun, perlu diingat bahwa sinar matahari yang dibutuhkan disini tidak boleh berlebihan atau terlalu panas. Kamu bisa mencoba untuk berjemur sekitar sepuluh menit di bawah matahari, lima menit untuk bagian depan dan lima menit untuk bagian belakang; kemudian meningkatkan durasi sekitar tiga puluh menit. Kamu juga bisa mengunakan minyak kelapa atau kakao untuk kulitmu sebelum berjemur agar kulitmu tidak terlalu kering dan terproteksi.
  • Produk dengan Antioksidan
    Bahan ini umum ditemukan pada sayur-sayuran segar. Suplemen mungkin akan dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan antioksidan. Antioksidan akanmembantu melindungi sel darah putih dari oksidasi dan memperbaiki kerusakan akibat sinar matahari.

    Kulit Kering
    Bagian terluar kulit atau biasa disebut dengan stratum corneum adalah bagian yang perlu diperhatikan. Bagian kulit ini menjadi indicator kelembapan kulit dan biasanya terbuat dari kulit-kulit mati dan minyak. Bagian kulit terluar biasanya akan beregenerasi setiap tiga puluh hari atau lima puluh hari sekali. Kamu perlu mempertimbangkan untuk menggunakan bahan-bahan diatas untuk mengurangi kurangnya nutrisi untuk kulit bagian luar tersebut.

    Setelah mengenal berbagai dan informasi seputar kesehatan kulit, penting untuk selalu mengingat bahwa kesehatan kulit harus dijaga dari luar dan dalam. Faktanya, olahraga menjadi salah satu kontribusi kesehatan kulit yang paling besar karena olahraga membantu melatih kesehatan jantung, melancarkan peredaran darah, meningkatkan produksi kolagen, dan menghambat penuanaan dini. Semoga tips ini membuatmu semakin termotivasi untuk lebih memperhatikan pemilihan bahan dan melakukan aktifitas yang mendukung kesehatan kulit. Stay healthy, stay beautiful!