The Magic of Seaweed


Ardina Lukita WriterArdina Lukita Writer, 11 Nov 2022

Tanaman rumput laut pasti sudah tidak asing untuk masyarakat di negara-negara Asia. Selain sering dijadikan sebagai bahan makanan, memiliki rasa yang lezat, ternyata rumput laut juga memiliki beragam manfaat untuk kesehatan tubuh, lho.

Rumput laut termasuk dalam kelompok ganggang (Algae) yang mengandung protein, karbohidrat, serat, mineral, dan asam lenak tak jenuh. Selain itu, rumput laut juga mengandung berbagai nutrisi dan vitamin, seperti vitamin C, vitamin B, vitamin E, vitamin A, besi dan yodium, serta mengandung antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari stres oksidatif dan mengurangi peradangan pada tingkat sel.

Apa saja ya manfaat rumput laut untuk kesehatan?

  1. Menjaga kesehatan jantung
    Rumput laut mampu menurunkan tekanan darah yang juga dapat membantu mengurangi kolestrol LDL dan kadar kolestrol total. Serat tinggi dalam rumput laut mampu membantu menurunkan kadar kolestrol dalam darah. Tak hanya itu, rumput laut juga mengandung antioksidan tinggi yang sangat baik untuk mendukung kesehatan jantung.
  2. Menyehatkan pencernaan
    Rumput laut memiliki kandungan serat yang penting untuk membantu mencegah semua penyakit pencernaan. Rumput laut mengandung prebiotik yang berfungsi untuk memberi makan bakteri sehat di saluran pencernaan. Selain itu, rumput laut juga mengandung serat yang dapat mengurangi rasa lapar dan membuat tubuh merasa kenyang lebih lama.
  3. Membantu fungsi tiroid
    Kelenjar tiroid berfungsi untuk mengontrol dan melepaskan hormone untuk produksi energy, pertumbuhan, dan perbaikan sel. Tiroid membutuhkan yodium agar berfungsi dengan benar dan rumput laut adalah solusinya karena sangat kaya akan yodium.
  4. Menstabilkan kadar gula darah
    Antioksidan dalam rumput laut berperan dalam meningkatkan control gula darah dan mengurangi risiko diabetes.
  5. Mengurangi risiko kanker
    Rumput laut membantu mengurangi risiko kanker seperti salah satunya kanker payudara. Serat dalam rumput laut seperti selenium dan zinc dapat menurunkan kadar estrogen dalam tubuh.

Ladies, selain rumput laut berguna bagi kesehatan kita, ingat bahwa tubuh juga perlu diimbangi dengan olahraga. Apalagi, olahraga di Curves sudah lengkap karena terdiri dari latihan kekuatan otot, latihan kardiovaskular, dan juga peregangan. Setelah berolahraga, kamu juga bisa mengkonsumsi rumput laut karena mineral yang terkandung di dalamnya mampu menyeimbangkan cairan tubuh, volume darah, tekanan darah, dan tingkat pH cairan tubuh yang keluar dari keringat. Cek dan ketahui lebih banyak mengenai informasi-informasi kesehatan dengan bergabung di Curves. Segera buat janji temu GRATIS di bulan ini!