Rahasia Sehat Teh


Nada Fillyaninda WriterNada Fillyaninda Writer, 01 Dec 2022

Siapa diantara kakak yang menyukai teh? Minum teh ternyata mengandung banyak manfaat seperti berperan sebagai antioksidan, mampu mencegah kanker, sampai mengendalikan kolestrol. Selain memberikan manfaat, teh juga ternyata dapat meningkatkan metabolisme dan membantu membakar lemak.

Teh, terutama teh hijau dibuat dari daun tanaman teh yang dipetik dan mengalami proses pemanasan untuk mencegah oksidasi. Beberapa manfaat umum yang dapat kita temukan saat rutin mengonsumsi teh hijau diantaranya adalah mampu menghindari penyakit. Teh hijau merupakan antioksidan yang kuat dan terbukti dapat mengurangi serangan kanker paru-paru, kanker prostat, kanker kulit, stroke, dan serangan jantung. Kandungan flavonoid dalam teh hijau juga mampu memerangi virus hepatitis C, lho. Kemudian, teh hijau juga mampu menghilangkan alergi. Sebuah penelitian di Jepang menemukan bahwa teh hijau mengandung senyawa EGCG yang akan membuat tubuh terbebas dari reaksi alergi terhadap debu, bulu binatang, sampai alergi serbuk sari. Teh juga mampu memberikan antioksidan yang dibutuhkan tubuh untuk menurunkan tekanan darah dan kolestrol.

Saat tidak berolahraga, minum teh hijau dapat memberikan sedikit dorongan pada metabolisme seseorang, proses dimana tubuh mengubah makanan menjadi energi. Metabolisme yang lambat dapat menyebabkan penambahan berat badan berlebih. Segala jenis kafein, termasuk kaferin dalam teh hijau memiliki efek meningkatkan metabolisme. Kafein tersebut meningkatkan pembakaran lemak dengan meningkatkan thermogenesis, atau produksi panas, dan katekin yang mampu meningkatkan oksidasi lemak.

Lalu, apa hubungan teh dengan olahraga? Ternyata, penelitian menunjukkan bahwa minum teh, baik teh hijau maupun hitam, efektif untuk membantu proses pemecahan lemak selama latihan dan pemulihan setelah latihan. Kandungan zat antioksidan dalam teh mempengaruhi tingkat antioksidan dan kortisol seseorang. Kafein memberi seseorang dorongan energi yang dapat membantu kakak untuk dapat berolahraga dalam jangka waktu yang lebih lama. Selain itu, katekin pada teh hijau juga memiliki peran yang lebih besar dalam efek pembakaran lemak daripada kandungan kafeinnya. Teh hijau juga meningkatkan penggunaan lemak sebagai sumber energi.

Saat olahraga tubuh akan mengeluarkan keringat yang cukup banyak. Oleh sebab itu, disarankan sebelum melakukan olahraga wajib memenuhi kebutuhan cairan terlebih dahulu agar tidak terjadi dehidrasi. Walaupun manfaat sehat teh hijau bisa didapat dari konsumsi dalam periode panjang, memperhatikan waktu-waktu yang disarankan untuk mengonsumsi teh hijau seperti salah satunya sebelum atau setelah berolahraga terbukti mampu membantu menyiapkan dan memulihkan tubuh seseorang.

Kamu bisa mendapatkan informasi kesehatan dan topik-topik artikel harian menarik lainnya jika bergabung di Curves. Selain kamu bisa memanfaatkan fasilitas untuk mendapatkan analisis kebugaran tubuh gratis, latihan didampingi coach bersertifikasi, dan mendapatkan edukasi seputar kesehatan yang tentunya berguna untuk kita sehari-hari. Yuk, segera jadwalkan kehadiranmu di klub Curves terdekat!