Menjaga Asupan Air Saat Olahraga


Arief WibisonoArief Wibisono, 03 Feb 2021

Pentingnya Minum Sebelum dan Saat Olahraga

Memenuhi asupan cairan tubuh adalah hal yang sangat penting dilakukan sebelum olahraga agar Anda tidak mengalami dehidrasi dan kelelahan setelah beraktivitas. Idealnya, tubuh harus tetap terhidrasi sebelum olahraga agar keseimbangan cairan tetap sama. Sebaiknya konsumsi sekitar 500 ml cairan dua atau tiga jam sebelum olahraga, dan 250 ml lima belas menit sebelum berolahraga.

Selain sebelum olahraga, minum air di sela-sela olahraga pun cukup penting untuk menggantikan cairan yang keluar melalui keringat. Jika Anda melakukan olahraga dengan kondisi tubuh yang kekurangan cairan, maka Anda akan merasa lesu, pusing, bahkan otot anda pun tidak akan dapat bekerja dengan baik sehingga Anda bisa tiba-tiba mengalami kram. Hal ini terjadi karena kekurangan cairan dapat membuat jaringan pada tubuh tidak berfungsi secara optimal, dan membuat pemulihan otot lebih lama.

Dengan hidrasi yang cukup, Anda akan merasa lebih bugar ketika berolahraga dan hasil dari olah tubuh yang Anda lakukan akan lebih maksimal.

Hidrasi yang cukup pun akan membuat jantung Anda bekerja dengan optimal sehingga darah dapat mengalir ke tubuh dengan sangat baik. Kemudian, oksigen dan nutrisi yang diangkut pun juga dapat tersebar ke seluruh tubuh dengan lebih efisien, dan hal ini akan membuat seluruh otot Anda dapat bekerja dengan lebih baik ketika digunakan untuk berolahraga.

Jika demikian, Anda akan memiliki banyak energi , olahraga yang anda lakukan akan berjalan dengan lebih maksimal, dan anda akan segera menceritakan kisah sukses Anda.

Simak berita dan tips lainnya di sini.