Mindful Eating: Makan Penuh Kesadaran


Sasmaya WriterSasmaya Writer, 27 May 2022

Apakah kamu sudah makan saat membaca ini?
Banyak dari kita yang gak bisa ingat jenis makanan apa yang terakhir kamu makan, apalagi sensasi dari proses makan. Sebuah laporan dari Badan Agrikultur di Amerika Serikat menunjukkan kalau kita terbiasa makan sambil melakukan hal lain: bekerja, menyetir, membaca, nonton TV, scrolling sosmed…

Hal ini membuat kita tak lagi menyadari penuh apa saja hal yang kita makan, dan diprediksi menjadi salah satu alasan terjadinya kelebihan berat badan serta berbagai masalah kesehatan lainnya.

Apa Itu Mindful Eating?
Mindful atau “penuh kesadaran” adalah fokus terhadap momen yang sedang dijalani, dan menyadari serta menerima perasaan, pikiran serta sensasi ragawi yang muncul karenanya. Tujuannya adalah untuk membantu kita menghargai setiap proses dan memperhatikan jenis makanan yang masuk dalam tubuh kita.

Mindful Eating akan sangat membantumu lebih menikmati makanan dan membuatmu hanya makan di saat lapar. Kamu bisa melakukan Mindful Eating dengan makanan apapun, karena ini berkaitan dengan ‘bagaimana’ kamu makan, dibandingkan ‘apa’ yang kamu makan. Kamu akan mengunyah makanan dengan lebih baik, mengonsumsi makanan secukupnya, dan mengerti kebutuhan dirimu dengan lebih baik.

Lebih jauh, Mindful Eating bisa membuat suasana hatimu lebih baik, menurunkan gangguan kecemasan, dan membantu menjaga kesehatan pencernaan, bahkan menurunkan berat badan, lho!

Kedengaran sulit? Jangan dulu ragu, karena menurut Amy Goldsmith, R.D.D., ahli diet dari Maryland – AS, “Semua orang bisa melakukannya. Hampir tiap orang kehilangan perasaan lapar karena mereka gak lagi makan saat lapar, tapi saat sempat.”

Dengan menerapkan prinsip Mindful Eating, kamu bisa lebih sehat–fisik maupun psikis! Kami kumpulkan beberapa tips untuk membantumu melakukan Mindful Eating:

  • Bersiaplah untuk makan, jangan ketika kamu terlalu lapar. Kalau kamu kelaparan, ada kecenderungan untuk makan banyak dengan prioritas memenuhi perut tanpa betul-betul menikmati makanan. Pastikan kamu makan sambil duduk, tanpa ditemani buku atau ponsel untuk di-scroll.
  • Mulailah dengan porsi kecil. Pilih piring yang lebih kecil, dan kamu boleh tambah sedikit-sedikit kalau masih kurang.
  • Apresiasi makananmu. Berhentilah selama satu-dua menit sebelum makan untuk bersyukur atas semua usaha yang dilakukan untuk mendapatkan makanan di hadapanmu, dan orang-orang yang ada di sekitarmu.
  • Nikmati setiap suapan, cobalah untuk menyadari semua warna, tekstur, aroma, bahkan bunyi yang dihasilkan saat kamu makan. Kamu juga bisa menebak bumbu-bumbu apa yang ditambahkan ke makanan.
  • Suap sedikit-sedikit, karena akan lebih mudah mencicipi rasa makanan saat mulutmu tidak terlalu penuh. Simpan alat makan di piring ketika kamu mengunyah.
  • Kunyah dengan sempurna, 20-40x kunyahan hingga kamu betul-betul merasakan rasa makanan. Seringkali, kamu akan merasa kagum dengan semua rasa yang muncul.
  • Makan perlahan. Jika kamu mengikuti semua tips di atas, kamu akan makan dengan lebih tenang. Lakukan makan penuh kesadaran ini paling tidak 5 menit sebelum kamu berbincang dengan teman semejamu.

Tentu saja untuk menurunkan berat badan, tidak hanya Mindful Eating yang perlu kamu lakukan. Kamu juga perlu memilih makanan yang lebih baik dan tentunya melakukan olahraga!

Coba Curves yuk!
Di Curves, kamu bisa berolahraga lengkap hanya dalam 30 menit dan Coach juga akan membantu kamu untuk mengubah gaya hidupmu lebih sehat.

Bulan Juni besok kita akan memulai 90 Days to Amaze Program, nih! Sebuah program intensif yang membantu kamu menerapkan banyak kebiasaan baik dan mudah dalam hidupmu…termasuk Mindful Eating!

Hubungi Curves untuk informasi selengkapnya yaa!