Menjaga Kesehatan Reproduksi


Sasmaya WriterSasmaya Writer, 13 May 2022

Seringkali kita melupakan pentingnya menjaga kesehatan reproduksi. Padahal, gangguan pada reproduksi bisa berakibat fatal, mulai dari gangguan seksual, sulit merencanakan kehamilan, hingga kematian.

Banyak yang tidak menyadari, kalau kebiasaan sehari-hari kita berdampak besar terhadap kesehatan reproduksi. Apalagi, kurangnya pengetahuan terkait organ reproduksi perempuan pun masih sering ditemui. Padahal, untuk bisa merawat dan menjaga, kita harus mengenal bagian-bagian organ reproduksi kita dengan baik.

Jagalah Kebersihan
Menjaga kebersihan merupakan kunci utama dalam mencegah munculnya gangguan reproduksi. Kamu bisa mencari cara membersihkan dengan benar. Cara yang tidak tepat bisa menyebabkan infeksi dan penyakit yang sangat mengganggu kualitas hidupmu.

Pola Makan Sehat
Untuk menjaga kesehatan reproduksi, cobalah untuk mengonsumsi lebih banyak protein, lemak sehat, antioksidan, serat, vitamin dan mineral.

Konsumsi Minyak Zaitun
Minyak Zaitun dapat membantu mengurangi resiko PCOS yang merupakan gangguan hormon yang sering ditemui pada wanita di usia subur.

Hindari Rokok
Merokok adalah kebiasaan buruk yang mengganggu kesehatan, termasuk kesehatan reproduksi. Zat-zat beracun di dalam rokok bisa mengurangi jumlah dan kualitas sel telur dan mengganggu kesehatan rahim.

Cukup Istirahat dan Kelola Stress
Wanita dewasa disarankan untuk tidur setidaknya 7 jam setiap malam untuk memastikan seluruh organ berfungsi dengan baik. Stress juga sangat mempengaruhi hormon dan kesehatan reproduksi kamu.

Berolahraga Teratur
Rutin berolahraga dan hidup aktif akan membuat tubuh bugar dan sehat. Lakukan kardio, latihan kekuatan otot dan peregangan yang bisa membantu otot-otot di sekitar panggul dan kandung kemih. Olahraga juga berfungsi membuat tubuh semakin rileks dan mengurangi stress.

Kamu bisa memulai hidup sehat bersama Curves. Latihan di Sirkuit Curves yang hanya 30 menit telah terbukti efektif membantu kebugaran kamu. Kombinasi antara latihan kardio, kekuatan otot dan peregangan yang dirancang khusus untuk perempuan, menjadi pilihan banyak para member kami yang sedang menjalankan program perencanaan kehamilan juga, lho!

Tanya-tanya lebih lanjut tentang Curves dan kunjungi IG kami, yuk!