Mengenal “Pola Makan Bersih”


Nada Fillyaninda WriterNada Fillyaninda Writer, 02 Feb 2023

Pola makan bersih atau bisa disebut sebagai clean eating merupakan salah satu pola makan yang mengutamakan konsumsi makanan utuh dan alami, serta menghindari makanan olahan. Pola makan ini merekomendasikan konsumsi sayuran, buah-buahan, atau biji-bijian. Fokus dari pola makan bersih adalah memaksimalkan nutrisi dan manfaat dari makanan yang kita konsumsi. Cara ini dipercaya dapat membantu menurunkan berat badan serta meningkatkan kebugaran tubuh.

Menjalani pola makan bersih tak sekadar makan makanan yang kaya nutrisi dan rendah kalori. Ada beberapa ketentuan yang perlu diikuti agar kamu bisa ‘makan secara bersih’ dan tubuh pun mendapatkan manfaat yang optimal dari makanan yang dikonsumsi. Lalu, bagaiaman cara menerapkan pola makan bersih yang baik?

  1. Pilih makanan yang tidak diproses pabrik

Prinsip dasar dari clean eating adalah memilih makanan yang sedekat mungkin dengan bentuk alaminya. Makanan yang sudah diproses biasanya mengandung gula tambahan, pewarna buatan, atau bahkan pengawet. Makanan hasil olahan pabrik biasanya mengandung banyak gula, garam, lemak serta bahan-bahan kimia. Bentuk aslinya juga telah banyak berubah sehingga nutrisi yang diserap tubuh pun berkurang drastis. Maka dari itu perbanyaklah makanan utuh yang belum mengalami banyak pemrosesan seperti buah dan sayur segar, biji-bijian, kacang-kacangan, telur ayam kampung, gandum utuh, beras merah, daging organik, susu yang berasal dari sapi organik dan minyak tumbuhan.

  1. Memperbanyak asupan buah dan sayur

buah dan sayuran merupakan kunci utama dalam menjalankan clean eating. Mereka kaya akan nutrisi seperti serat, vitamin, mineral, dan senyawa tanaman lainnya yang sangat bermanfaat besar bagi tubuh.

  1. Makan Secukupnya

Usahakan untuk mengonsumsi makanan secukupnya karena sesehat apa pun makanan, apabila mengonsumsinya secara berlebihan efeknya tetap tidak baik bagi tubuh. Makanlah dengan porsi sesuai kebutuhan dan perbanyak asupan seratnya.

  1. Belajar Teliti

Selain makanan ringan kemasan, makanan utuh yang sudah dikemas seperti sayuran, kacang-kacangan, dan daging, juga berpotensi mengandung pengawet, gula tambahan, atau lemak jahat. Solusinya adalah berbelanja di supermarket yang khusus menjual bahan-bahan organik atau teliti membaca informasi gizi pada tabel kemasannya. Lihat juga daftar bahan-bahannya, pilihlah produk yang tidak mengandung terlalu banyak bahan atau istilah asing.

  1. Cara Memasak

Proses memasak bisa mengubah kandungan nutrisi di dalam makanan tapi tidak selalu berarti buruk. Bisa juga menumis sayuran dan bahan hewani dengan sedikit minyak. Hindari memasak dengan cara deep frying atau merebus dalam waktu lama karena bisa menghilangkan nutrisi serta kandungan seratnya. Kemudian gunakanlah bumbu-bumbu alami. Hindari menggunakan bumbu siap pakai karena umumnya mengandung bahan pengawet, perasa dan pewarna buatan.

  1. Perbanyak konsumsi air putih

Air putih merupakan bahan paling alami dan sangat menyehatkan. Gantilah minuman ringan atau minuman kaleng yang mengandung banyak gula dengan air putih. Air dapat membuatmu terhidrasi dan membantu mencapai berat badan ideal. Jika kamu menginginkan rasa pada air putih, kamu bisa menambahkan perasan lemon, jeruk nipis, atau buah lainnya sebagai perasa alami. Kopi dan teh tawar juga bisa menjadi pilihan yang pas dalam pola makan bersih.

Pola makan bersih bisa menjadi opsi untuk menurunkan berat badan atau menjalani hidup yang lebih sehat. Pilihlah makanan yang diproses seminimal mungkin, seperti buah, sayuran, dan biji-bijian. Pola makan seperti ini tidak hanya baik untuk kesehatan, tetapi juga membuat kita lebih menghargai rasa alami dari makanan.

Curves menyediakan sebuah program intensif yang disebut dengan program 90 Days to Amaze bersama Kim McQueen. Program ini memiliki segudang manfaat dan membantumu belajar untuk hidup lebih sehat. Tidak hanya berolahraga, Curves dilengkapi fasilitas dan juga program yang sangat menarik, jadi sudah saatnya untukmu bergabung dan merasakan sendiri manfaat dari latihan kekuatan otot di Curves! Daftarkan dirimu dan dapatkan analisis kebugaran tubuh gratis di klub terdekat, yuk!