Manfaat Olahraga Angkat Beban untuk Wanita


Nada Fillyaninda WriterNada Fillyaninda Writer, 05 Apr 2023

Selama ini masih banyak wanita yang menghindari untuk latihan angkat beban di gym. Kekhawatiran akan otot yang terlalu kentara adalah salah satu alasan paling umum fenomena ini terjadi. Padahal, ada banyak manfaat gym untuk wanita, terutama yang berkaitan dengan latihan angkat beban.

Angkat beban (weight lifting) adalah istilah umum jenis pelatihan daya tahan yang digunakan untuk menggambarkan metode pengangkatan beban berat. Latihan beban menawarkan perempuan sejumlah manfaat termasuk penurunan berat badan, pembakaran lemak, meningkatkan massa otot, serta memerangi osteoporosis. Perlu kita ketahui bahwa peningkatan otot pada wanita hanya akan menonjolkan penampilan feminin mereka. Wanita tidak akan memiliki otot seperti pria. Wanita tidak akan menjadi “jantan” jika mereka berlatih beban, karena wanita tidak memiliki hormon yang dapat membentuk otot-otot seperti yang ada pada pria, kecuali jika wanita tersebut diberi penguat hormon seperti steroid anabolik.

Kakak tidak perlu khawatir badan akan berubah menjadi seperti binaraga, sebab latihan beban memiliki tujuan utama untuk meningkatkan massa otot. Kenaikan massa otot tidak selalu diikuti dengan perubahan bentuk otot yang ekstrem kecuali jika memang kakak sengaja ingin membentuknya agar terlihat besar. Agar tidak semakin penasaran, simak penjelasan tentang berbagai manfaat angkat beban ala Curves untuk wanita di bawah ini:

 

  1. Meningkatkan Kekuatan

Angkat beban dapat memperkuat otot, sehingga lebih mudah bagi kakak untuk menjalankan aktivitas sehari-hari. Otot yang kuat juga akan membuat olahraga rutin tidak terasa terlalu melelahkan sekaligus menurunkan risiko terjadinya cedera.

 

  1. Membakar Lebih Banyak Lemak

Manfaat gym untuk wanita, terutama latihan beban, adalah untuk membantu meningkatkan metabolisme dan massa otot sehingga tubuh bisa membakar lebih banyak kalori. Ini sangat berguna untuk kakak yang memang sedang berusaha menurunkan berat badan.

 

Bahkan, dalam setiap sekitar 0,5 kg otot yang terbentuk, Anda akan membakar 30 hingga 50 kalori lebih banyak per hari.

 

  1. Membakar Lebih Banyak Kalori

Angkat beban akan meningkatkan kalori yang terbakar, karena setelah kakak menjalani latihan, otot kakak akan membutuhkan banyak energi untuk memperbaiki seratnya. Bahkan, para peneliti menemukan bahwa mengangkat beban akan meningkatkan metabolisme dalam tubuh bahkan selama 39 jam setelahnya.

 

  1. Mempercepat pembentukan Tubuh

Istilah kardio seharusnya tidak hanya berkutat seputar latihan aerobik saja. Sebuah studi menemukan bahwa rangkaian pelatihan angkat beban dapat meningkatkan denyut jantung sebanyak 15 denyut lebih banyak per menitnya dibandingkan dengan berlari. Latihan angkat beban ini dapat memperkuat otot dan memberikan banyak manfaat bagi kardiovaskular yang mirip dengan latihan aerobik.

 

  1. Meningkatkan Suasana Hati dan Mengurangi Stress

Berlatih angkat beban juga akan membuat suasana hari menjadi lebih baik. Pasalnya, olahraga akan mendorong pelepasan hormon endorfin. Hormon ini berperan dalam meningkatkan suasana hati, mencegah rasa sakit, dan melawan depresi.

 

  1. Menurunkan Risiko Osteoporosis

Semakin kakak berumur, massa tulang akan terkikis secara perlahan. Hal tersebut dapat menyebabkan meningkatnya kemungkinan kakak menderita patah tulang suatu hari nanti akibat tulang yang lemah. Sebuah studi menemukan bahwa mengikuti latihan daya tahan tubuh seperti mengangkat beban selama 16 minggu dapat meningkatkan kepadatan tulang pinggul dan pertumbuhan tulang sebesar 19%.

 

Angkat beban terbukti dapat menambah kepadatan tulang belakang sehingga membuatnya lebih kuat dan sehat. Dengan tulang belakang yang sehat dan kuat, maka risiko osteoporosis pun akan berkurang.

 

Manfaat ini terutama dirasakan oleh wanita yang telah mengalami menopause. Pada masa tersebut, kadar hormon estrogen dapat berkurang drastis. Inilah yang membuat risiko osteporosis meningkat.

 

  1. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung dan Diabetes

Latihan beban rutin dapat membantu meningkatkan kesehatan kardiovaskular dengan menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik. Hal ini bisa membantu menurunkan tekanan darah dan pada gilirannya mengurangi risiko penyakit jantung.

 

Selain itu, angkat beban untuk wanita juga akan memperbaiki cara tubuh memproses gula sehingga dapat menurunkan risiko diabetes.

Nah, ternyata banyak sekali manfaat dari melakukan latihan kekuatan otot terutama untuk wanita, bukan? Tidak hanya latihan kekuatan otot, di Curves kakak bisa mendapatkan latihan kardiovaskular dan latihan kekuatan otot sekaligus. Dengan bimbingan coach bersertifikasi, kakak bisa latihan setiap hari, kapan saja, dan dimana saja! Masih ragu untuk bergabung? Cek lokasi Curves terdekatmu sekarang yuk!