Lindungi Mahkota Indah-mu!


Ardina Lukita WriterArdina Lukita Writer, 06 Oct 2022

Rambut atau istilah popular yang biasa kita dengar sebagai mahkota, merupakan perhiasan bagi seorang wanita yang sangat dianjurkan untuk dirawat dengan baik. Rambut kita bisa diibaratkan sebagai sebuah tanaman yang memiliki akar di setiap permukaan limfatik di bawah kulit yang diperkaya dengan darah. Penting untuk selalu memperhatikan kesehatan rambut dengan membersihkan serta menutrisi tubuh, darah, dan sistem limfatik sebaik mungkin. Mempertahankan rambut agar tetap sehat, diperlukan nutrisi yang baik agar bisa mendukung lancarnya peradaran darah menuju akar rambut kita. Ada beberapa hal yang mengakitbatkan rambut rontok dan rusak bahkan memutih karena kurangnya nutrisi yang membantu tubuh untuk bertumbuh. Melalui artikel ini, kita akan membahas lebih jauh mengenai kesehatan rambut serta melihat sedikit tips yang mungkin bisa kita manfaatkan untuk kesehatan rambut kita.

Sama halnya dengan tulang, organ tubuh, dan otot, rambut kita membutuhkan nutrisi yang cukup. Folikel rambut sering mengalami kekurangan nutrisi karena ada kapiler halusnya tersumbat oleh lendir. Lendir yang menyumbat disebabkan oleh makanan hasil pasteurisasi yang kita konsumsi seperti produk mengandung susu, gandum, lemak hewani, dan beberapa jenis minyak. Jika kamu menginginkan rambut yang sehat, pastikan ada nutrisi yang baik disirkulasikan ke folikel rambut kita.

Mengkonsumsi makanan yang berbahan dasar mentah tidak bisa membantu kita dalam mempercepat pertumbuhan rambut yang folikelnya telah rusak. Konsumsi makanan harus sangat diperhatikan, karena bukan hanya mentah, api juga kaya akan mineral dan nutrisi sehingga bisa menghasilkan rambut yang sehat maksimal. Rambut yang sehat membutuhkan makanan yang secara spesifik mengandung asam amino berprotein tinggi dan sulfur karena rambut kita itu 97% terbentuk karena tercukupinya kebutuhan protein. Makanan yang protein asam amino dan sulfurya tinggi biasa dapat kita temukan di biji rami, spirulina, superfood, sayur organic, dan jus. Usahakan jangan mengkonsumsi protein yang berasal dari hewan karena banyak kandungannya tidak baik untuk kesehatan rambut. Kamu bisa mempertimbangkan untuk mengkonsumsi MSM (metil-sulfonil, metana) untuk mendapatkan rambut yang lebih kuat.

Untuk kasus rambut yang memutih, biasanya diakibatkan oleh kurangnya vitamin B dan stress. Seorang dokter bernama Dr. Ann Wigmore melakukan penelitian dengan mengkonsumsi jus kecambah dan rejuvelac (air hasil fermentasi kecambah yang kaya kandungan enzim dan vitamin B) untuk membantu mengembalikan warna rambutnya kembali. Fermentasi dari kol parut dan kimchi juga bisa menjadi alternatif.

Setelah memahami penyebab dan alternatif bahan-bahan yang bisa kita gunakan, mungkin ada sedikit tips yang bisa kamu gunakan untuk mendapatkan rambut yang lebih sehat.

_____________________________________________________________________

Masker Rambut dari Aloe Vera yang Menyehatkan!

Sedikit informasi mengenai aloe vera, sebuah bahan yang mudah ditemukan dan kandungannya umum digunakan sebagai pengobatan alami. Aloe vera dianggap mampu melembabkan dan mengandung banyak vitamin yang baik untuk rambut dan kulit kering. Aloe vera mampu mengurangi rambut ketombe dan membuat rambut lebih sehat.  Kandungan aloe vera mampu mengurangi iritasi kulit kepala, melembabkan dan mengurangi peradangan, serta menutrisi dan menguatkan rambut. Aloe vera direkomendasikan untuk jenis rambut berminyak, rusak, keriting, dan natural. Kamu bisa menggunakannya sebagai kondisioner atau masker rambut dengan membalut rambut secara menyeluruh dengan gel pada aloe vera.

Sekarang, mari simak cara membuat masker rambut aloe vera melalui langkah berikut:

  1. Siapkan bahan: 2 sendok makan gel aloe vera dan 1 sendok makan minyak kelapa dengan suhu ruangan;
  2. Aduk minyak dan aloe vera secara merata hingga halus;
  3. Oleskan masker secara menyeluruh pada rambut. Oleskan dari bagian tengah sampai ke bagian paling bawah, lalu oleskan sisanya untuk bagian kulit kepala. Namun urutan ini bisa dibalik jika kamu mempunyai masalah ketombe pada rambut;
  4. Setelah rata, gunakan sisir bergigi sedikit untuk membantu meratakan masker;
  5. Tutup rambut menggunakan topi mandi atau plastik, bungkus kembali bagian luar menggunakan handuk agar rambut tidak kering dan lebih lembab;
  6. Biarkan masker selama 30 menit;
  7. Bilas rambut secara menyeluruh;
  8. Kombinasikan dengan penggunaan kondisioner jika perlu satu kali dalam seminggu untuk rambut sehat yang lebih maksimal

Sebagai alternative, kamu bisa mengganti resep sesuai dengan jenis rambutmu. Kombinasi aloe vera dan cuka apel bisa menjadi alternatif untuk rambut yang gatal atau kering. Kemudian yogurt dan aloe vera bisa membantu mengurangi rambut ketombe. Selain manfaatnya yang secara umum sudah diketahui, aloe vera bisa menjadi alternatif untuk kamu gunakan untuk memperkuat dan membuat rambutmu lebih sehat. Pastikan tidak ada kandungan yang membuatmu alergi di dalam bahan yang kamu gunakan.

Nah, setelah mengetahui mengenai fakta dan tips untuk menjaga kesehatan rambut, ada pentingnya untuk kamu selalu ingat bahwa rutinitas sehari-hari yang kamu lakukan akan mempengaruhi kesehatan rambutmu juga secara keseluruhan. Olahraga salah satunya. Pilihanmu untuk berolahraga akan membantumu untuk memproduksi endorphin dan mengurangi stress. Tidak ada salahnya untuk memulai saat ini juga untuk rutin berolahraga karena selain membuat badanmu lebih sehat, olahraga juga akan membuat rambutmu lebih sehat dan mengurangi rontok. Jadi, selamat mencoba!