Gula Tersembunyi di Sekitarmu


Ardina Lukita WriterArdina Lukita Writer, 17 Nov 2022

Sebenarnya banyak sekali makanan dan minuman di sekitar kita yang memiliki kandungan gula tinggi. Masalahnya adalah kita tidak dapat mengukur kadar gula tersebut dengan hanya melihat sajiannya semata.

 

Meskipun jarang menambahkan gula sendiri, penting untuk selalu waspada sebab banyak asupan gula yang berlebihan dapat mengganggu kesehatan kita. Beberapa badan kesehatan dunia merekomendasikan jumlah gula yang aman untuk dikonsumsi per hari adalah di kisaran 40-60 gram. Mungkin kamu berpikir bahwa tidak mungkin seseorang mengkonsumsi gula sebanyak itu dalam satu hari, tapi apakah kamu sadar akan gula yang ada di makananmu sehari-harinya? Gula yang dimaksud adalah bukan hanya gula yang kamu tambahkan pada kopi, teh, atau makanan manis lainnya, tetapi asupan lain dari makanan yang kamu pikir bebas gula. Berikut adalah beberapa makanan yang tanpa kamu ketahui ternyata mengandung kadar gula tinggi:

  1. Saus tomat: saus tomat mengandung kadar gula yang tinggi. Rata-rata terdapat 27 gram gula di setiap 100 gram saus tomat.
  2. Selai kacang: coba cek kembali dan cari ‘karbohidrat’ dalam ukuran gram. Itu adalah gula dalam selai kacang kesukaanmu.
  3. Salad: tidak ada yang salah dengan salad. Tapi biasanya salad dihidangkan dengan “dressing” atau saus. Nah, dressing itu mengandung banyak gula. Apalagi yang menggunakan istilah “low-fat”. Kenapa? Karena saat lemak diambil, pabrik menambahkan gula untuk menjaga rasa.
  4. Yoghurt dengan perasa: beberapa yogurt mencapai 20 gram kandungan gula per porsinya. Lebih sehat bila kamu memakan yogurt tanpa perasa atau plain yogurt lalu menambahkan sedikit madu untuk rasa manisnya.
  5. Makanan kalengan
  6. Jus buah kemasan: kandungan gulanya ±40gram, setara minuman bersoda
  7. Sereal sarapan pagi: kandungan gula di dalamnya? ±12gram setara 3 sendok teh.

    Nah, berikut hanya beberapa dari banyak makanan yang kita konsumsi sehari-harinya. Memperhatikan kandungan gula dari bahan-bahan dan makanan yang kita konsumsi sangat penting karena gula bisa membahayakan kesehatan seseorang. Diantaranya adalah menyebabkan masalah gigi, memicu penumpukan lemak tubuh, meningkatkan risiko diabetes, dan masih banyak lagi.

    Penting untuk selalu menjaga kadar gula darah dan kesehatan diri kita masing-masing. Mulai sekarang cegah dengan membatasi konsumsi gula, menjaga berat badan dalam batas normal, menjalani pola hidup sehat, dan tetap aktif bergerak. Di Curves, kamu bukan saja mendapatkan sehat melalui olahraga yang dilakukan hanya 30 menit dan efektif membakar hingga 500 kalori, tapi juga memuat program yang membantumu untuk menjalani pola makan sehat. Jangan ragu untuk konsultasikan seputar kesehatan di Curves dengan membuat janji temu untuk analisis GRATIS!