Gula Tersembunyi dalam Makananmu!


Sasmaya WriterSasmaya Writer, 27 Apr 2022

Kita membutuhkan gula dalam semua makanan sehari-hari. Tapi ada jenis gula tersembunyi yang terdapat di berbagai jenis makanan dan minuman kita, dan menyebabkan banyak masalah kesehatan!

Riset menunjukkan konsumsi gula berlebih dapat menyebabkan kenaikan berat badan, obesitas, kelelahan serta resiko penyakit jantung dan diabetes.

Dari Peraturan Menteri Kesehatan, konsumsi gula sebaiknya gak lebih dari 50gr/4 sdm setiap hari–dan ini sudah termasuk gula alami dari makanan dan minuman kita.

Kalau kelebihan gula, biasanya awal-awalnya nih kita merasa bertenaga, karena insulin mengubah gula menjadi energi dan membuat gula darah meningkat. Tapi kemudian kita akan jadi merasa lemas dan lelah. Gak hanya itu, biasanya kita juga ingin makan manis terus-terusan, dan hal ini mirip dengan pola kecanduan obat terlarang! Kita juga bisa jadi super moody, lho. Dan, karena hormon kita terganggu, biasanya kulit akan sensitif dan berjerawat. Efek buruk lain seperti karang gigi, berkurangnya fungsi kognitif otak sehingga kurang konsentrasi, ambang batas rasa manis yang meningkat, hingga depresi juga kerap ditemui pada mereka yang mengonsumsi terlalu banyak gula.

Salah satu cara paling efektif mendeteksi gula tersembunyi tentu saja dengan membaca label makanan. Mereka biasanya sudah tersamar dengan nama-nama bahan yang diakhiri dengan “-osa” termasuk: fruktosa, maltosa, sukrosa, dekstrosa, juga menggunakan kata sirup atau gula/sugar.

Biasanya, makanan olahan memiliki tambahan gula, lho. Termasuk diantaranya adalah:
Mi instan
Saus-sambal-kecap
Bumbu salad
Roti
Yogurt
Minuman manis
Sereal sarapan
Protein bar
Susu dengan rasa
Buah kering
Jus buah kemasan

Ada yang masih mengonsumsi beragam makanan dan minuman di atas gak nih? Sebaiknya kita mulai mengurangi asupan makanan-minuman manis dan lebih memilih cemilan berupa buah, sayur dan tentunya selalu minum air putih. Memasak di rumah juga menjadi pilihan yang lebih baik, termasuk jika ingin membuat cemilan atau jus. Dan ingat, meskipun diklaim ‘sehat/rendah gula/organik’ sekalipun, kita harus tetap cek bahan-bahannya yaaa.

Kurangi efek buruk gula berlebih dengan berolahraga! Untukmu perempuan aktif dengan waktu terbatas, kamu bisa coba mulai latihan di Curves. Dengan target yang jelas, Coach yang selalu siap mendampingi dan atmosfer nyaman, kita bisa menjadi lebih sehat bersama!

Temukan Curves terdekat dari lokasimu dan hubungi kami!