Wanita, Kenali Apa Itu Kanker Payudara


Arief WibisonoArief Wibisono, 05 Oct 2021

Apa itu kanker payudara?

Kanker payudara adalah salah satu jenis kanker yang mayoritas dialami oleh kaum perempuan. Penyakit ini adalah penyakit yang banyak terjadi di Indonesia bahkan di dunia. Berdasarkan data Global Cancer Observatory (2018) yang dirilis oleh WHO, kanker payudara dan kanker paru-paru menempati posisi tertinggi untuk penambahan jumlah kasus terbanyak, yakni sekitar 2,1 juta orang di dunia. Yayasan Kanker Payudara Indonesia pun memperkirakan bahwa 10 dari 10.000 penduduk Indonesia mengalami kanker payudara.

Seperti namanya, kanker payudara adalah penyakit kanker yang menyerang jaringan payudara misalnya lobulus (kelenjar penghasil air susu), duktus (saluran keluar air susu), bersama dengan jaringan penunjang lainnya misalnya jaringan lemak. Hingga saat ini, penyebab kanker payudara belum diketahui secara pasti. Yang dapat diketahui adalah bahwa penyakit ini muncul karena adanya kerusakan sel, perubahan sifat genetik pada jaringan payudara atau adanya pertumbuhan sel-sel yang abnormal (tidak terkontrol) di dalam payudara.

 

Apa ciri awal kanker payudara?

Karena wanita cukup berisiko terkena penyakit ini, maka sebaiknya para wanita mengetahui pengetahuan dasar tentang kanker payudara dan bisa menyadari jika terjadi perubahan pada payudara. Beberapa ciri kondisi payudara yang patut diwaspadai adalah munculnya benjolan di payudara atau ketiak, warna kulit payudara berubah, dan puting terasa sakit. Jika Anda mengalami hal tersebut, sebaiknya Anda segera memeriksakan kondisi Anda untuk memastikan apakah hal tersebut berbahaya (ciri kanker payudara) atau tidak. Jangan takut memeriksakan diri, karena semakin cepat penyakit ini terdeteksi, maka semakin tinggi pula keberhasilan pengobatannya.

 

Apa test yang perlu dilakukan?

Beberapa test yang mungkin perlu dijalani bersama dokter di antaranya pemeriksaan fisik (payudara, ketiak, dada, dan daerah leher), tes mamografi, pemeriksaan ultrasonografi payudara, biopsi payudara, MRI payudara, atau beberapa tes lain yang diperlukan sesuai dengan kondisi.

 

Apa penyebab kanker payudara dan bagaimana cara mencegahnya?

Perlu diingat bahwa walaupun penyebab kanker payudara belum diketahui secara pasti, namun risiko terkena kanker payudara dapat didorong oleh gaya hidup yang tidak sehat, gangguan hormon, faktor keturunan, obesitas dan lain-lain. Maka dari itu, untuk mengurangi risiko terkena kanker, Anda sangat dianjurkan untuk menjaga pola makan dan menjalani gaya hidup sehat.

 

Curves Indonesia
Konsultasi gratis bersama coach Curves Indonesia, fitness khusus wanita

Bulan Oktober adalah Bulan Peduli Kanker Payudara Sedunia. Di momen ini, mari kita tingkatkan literasi tentang kanker payudara, saling menyebarkan ilmu pengetahuan tentang kanker payudara, dan bersama-sama mendukung para penderita kanker payudara agar tetap semangat dan dapat sembuh.

Anda pun dapat menjalani gaya hidup sehat secara menyenangkan dan jangka panjang bersama Curves Indonesia. Curves merupakan tempat olahraga khusus wanita yang menerapkan gabungan latihan kardiovaskuler dan kekuatan otot secara aman dan efektif hanya 30 menit. Selama latihan, Anda pun akan didampingi oleh coach tanpa tambahan biaya lagi. Selain mendampingi saat latihan, para coach pun akan membantu memantau kondisi dan perkembangan Anda serta membantu Anda meraih goals Anda secara menyenangkan ?

 

You beat cancer by how you live, why you live, and in the manner in which you live. (mengalahkan kanker dengan cara Anda hidup, mengapa Anda hidup, dan cara Anda hidup) – Stuart Scott

Jalani hidup Anda dengan cara Anda sendiri, bukan kanker.