5 Ciri Penyakit Jantung Yang Sering Tidak Disadari


Arief WibisonoArief Wibisono, 08 Nov 2021

Penyakit jantung dapat menyerang siapa saja tanpa mengenal usia. Menurut laporan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), pada tahun 2019 terdapat sekitar 17,7 juta orang di dunia yang meninggal akibat penyakit jantung dan pembuluh darah. Perlu diketahui pula bahwa penyakit jantung adalah penyebab kematian terbanyak di Amerika Serikat, dan menurut data dari Kementerian Kesehatan, penyakit jantung merupakan penyebab kematian terbanyak ke-2 di Indonesia.

Fatalnya akibat penyakit jantung disebabkan oleh terlambatnya penanganan atas penyakit tersebut karena banyak orang yang tidak menyadari ciri-ciri atau gejala dari penyakit ini. Padahal, jika dapat terdeteksi sejak dini, penanganan pun dapat dilakukan secepatnya, dan penyakit ini pun dapat diatasi dengan baik. Maka dari itu, yuk simak ulasan mengenai ciri penyakit jantung yang sering tidak disadari di bawah ini.

 

  1. Mudah Lemas

Pernahkah Anda merasa lemas setelah melakukan aktivitas, terutama aktifitas yang berat? Atau Anda merasa lemas karena belum mendapat asupan makan dan minum? Tenang saja, hal tersebut adalah suatu kondisi yang wajar dirasakan. Rasa lemas dan pusing memang dapat dirasakan jika Anda kurang makan dan minum, kelelahan karena aktivitas fisik, atau dehidrasi.

Namun, Anda harus waspada jika tiba-tiba merasa lemas, atau merasa bahwa napas anda terengah-engah tanpa alasan yang jelas atau sebelumnya tidak melakukan aktivitas yang berarti. Jika Anda mengalami hal tersebut, bisa jadi Anda mengalami gangguan pada jantung.

 

  1. Rasa Tidak Nyaman Pada Dada atau Nyeri Ulu Hati

Salah salah ciri-ciri penyakit jantung adalah rasa tidak nyaman pada dada. Sumbatan pada arteri akan menyebabkan perasaan nyeri, sesak, hingga tekanan di dada selama beberapa menit. Namun, gejala ini juga sering tidak dirasakan, khususnya oleh wanita.

Ciri lain dari penyakit jantung adalah nyeri ulu hati yang disertai mual. Ciri ini jarang disadari karena sering disalahpahami sebagai gangguan pencernaan, padahal nyeri ulu hati juga bisa jadi ciri dari gangguan jantung. Jika Anda memiliki faktor risiko penyakit jantung, sebaiknya Anda harus waspada jika mengalami nyeri ulu hati, atau nyeri dan sesak di bagian dada secara tiba-tiba.

 

  1. Sakit Yang Menjalar Ke Sekitar Dada

Seperti yang dijelaskan pada poin nomor 2 bahwa penyakit jantung dapat ditandai dengan sakit pada bagian dada. Namun Anda perlu lebih waspada jika nyeri tersebut diperparah dengan nyeri yang menjalar ke bagian lainnya, seperti dari dada hingga lengan, bahu, punggung, leher atau rahang.

Jika Anda merasakan keluhan nyeri yang demikian, segera ke dokter untuk menjalani pemeriksaan dan pengobatan yang tepat.

 

  1. Keringat Dingin

Penyakit jantung, khususnya di usia muda, dapat ditandai dengan keringat dingin atau keringat berlebih secara tiba-tiba. Bagi penderita gangguan jantung, gejala ini bahkan bisa muncul ketika sedang tidak melakukan aktivitas apapun, bahkan ketika berada di ruangan yang sejuk.

 

  1. Mendengkur

Mendengkur kerap dianggap sebagai hal yang normal. Penyebab mendengkur juga beramcam-macam, namun Anda perlu waspada karena mendengkur juga merupakan salah satu ciri penyakit jantung. Seseorang yang mendengkur dengan suara yang keras dan terdengar seperti terengah-engah dapat menjadi tanda jika ia mengalami apnea tidur, yang menyebabkan napas berhenti sejenak beberapa kali serta memberikan dampak buruk pada jantung. Lakukanlah pemeriksaan, jika Anda atau keluarga Anda secara rutin mengalami hal ini.

Apabila Anda pernah mengalami gejala-gejala di atas, segeralah ke dokter untuk menjalani pemeriksaan kesehatan untuk memastikan apakah gejala yang dialami merupakan ciri penyakit jantung atau bukan. Jika itu adalah tanda gangguan jantung, Anda akan segera mendapatkan penanganan yang tepat agar terhindar dari komplikasi penyakit jantung yang berbahaya.

 

Sehat Bersama Curves Indonesia

Daripada mengobati, lebih baik Anda mencegah berbagai penyakit (termasuk penyakit jantung) sejak dini. Hal tersebut dapat dilakukan bersama Curves Indonesia. Bersama Curves Indonesia, Anda dapat menjalani gaya hidup sehat secara menyenangkan dan jangka panjang.

Bersama Curves, Anda akan melakukan gabungan latihan kardiovaskuler dan kekuatan otot secara aman dan efektif hanya 30 menit. Selama latihan, Anda pun akan didampingi oleh coach tanpa tambahan biaya lagi. Selain mendampingi saat latihan, para coach pun akan membantu memantau kondisi dan perkembangan Anda serta membantu Anda meraih goals Anda secara menyenangkan ?