Sasmaya WriterSasmaya Writer, 17 Jun 2022

Adakah yang merasa memiliki lemak perut berlebih? Lemak perut umumnya terbagi menjadi dua jenis, yaitu lemak viseral dan lemak subkutan.
Lemak viseral merupakan lemak yang terletak di sekitar organ tubuh. Sementara lemak subkutan adalah lemak yang berada di bawah kulit–dapat terlihat jelas dan bisa dicubit.

Lemak subkutan tidak dapat dihilangkan dengan cepat saat menempel, terutama di bagian perut, pantat, paha dan lengan. Perempuan biasanya lebih banyak memiliki lemak subkutan dibanding lelaki.

Apa yang Menyebabkan Lemak Subkutan?

Makan Berlebihan

Salah satu penyebab munculnya lemak subkutan adalah makanan berlebihan. Saat kalori yang masuk melebihi kalori yang kita bakar, kelebihan ini diakumulasikan oleh tubuh sebagai lemak. Walaupun hanya sedikit, tapi lemak ini dapat menumpuk, lho. Dan, saat kita kekurangan energi, tubuh akan menggunakan lemak viseral lebih dulu dibandingkan lemak subkutan, membuat jenis lemak ini lebih sulit dihilangkan.

Kurangnya Berolahraga
Saat mengurangi porsi makan, namun tetap memiliki lemak subkutan, hal ini biasanya karena kita kurang berolahraga. Penelitian menunjukkan, orang yang tidak suka berolahraga akan mengalami pengurangan otot 1% sejak usia 30an tahun. Ketika otot kita lebih sedikit, metabolisme kita menurun dan lebih sulit menghasilkan energi. Jadi, saat makan sedikit pun, kalori yang bisa dibakar lebih sedikit dibanding yang dikonsumsi, dan berubah menjadi lemak.

Kurang Tidur
Kurangnya tidur juga berkontribusi pada bertambahnya lemak subkutan. Kurang tidur akan mengurangi pengeluaran hormon leptin, yang berfungsi menahan rasa lapar. Di sisi lain, ghrelin, hormon yang menambah nafsu makan, justru bertambah. Hasilnya, kita akan makan lebih banyak.

Bagaimana Mengurangi Lemak Subkutan?

Mengatur dan Memilih Makanan
Walaupun kalori berperan penting dalam pembentukan lemak subkutan, namun gak berarti kamu bisa seenaknya mengurangi makan. Kalau kita kekurangan kalori, kamu juga akan kekurangan nutrisi dan hal ini buruk bagi tubuhmu. Pilihlah selalu makanan yang seimbang, dengan gizi tinggi dan rendah kalorii. Ingatlah kalau kamu sebaiknya makan 3x sekali di waktu yang teratur. Cobalah untuk makan sesuai urutan: sayuran – protein – nasi, dan hindari makan 3 jam sebelum tidur.

Menambah Massa Otot
Ketika ototmu berkurang, metabolisme basal kamu juga akan menurun dan membuat tubuh lebih banyak memiliki lemak. Metabolisme akan membantu tubuh membakar lemak meskipun kamu sedang tidur! Metabolisme basal berkaitan erat dengan jumlah massa otot kamu. Kamu bisa menambah otot di usia berapapun dengan melakukan strength training.

Melakukan Latihan Aerobik
Latihan aerobik memiliki efek membakar lemak sebagai energi. Kalau latihan otot membantu kita memiliki tubuh yang membakar lemak lebih banyak, latihan aerobik membantu kita membakar lemak saat latihan lebih banyak.

Tidur Lebih Berkualitas
7 jam adalah waktu tidur ideal, namun jika kamu tidak bisa tidur selama itu, yang paling penting adalah kualitas tidur yang baik. Olahraga dapat membantu kamu mendapatkan tidur yang nyenyak, karena mendorong produksi serotonin, zat kimia di otak yang membantu hormon tidur melatonin diproduksi lebih banyak di malam hari.

Hilangkan Lemak Bersama Curves!

Jika kamu ingin mengurangi lemak subkutan dengan berolahraga, waktunya kamu untuk mencoba latihan di Curves! Gym khusus perempuan, yang setiap sesinya hanya 30 menit namun menggabungkan 3 latihan terbaik untuk membakar lemak: aerobik untuk membakar lemak, strength training untuk meningkatkan otot dan metabolime, serta peregangan yang menambah fleksibilitas. 12 mesin kami dapat melatih otot dari seluruh bagian tubuh, dan dilengkapi mesin hidrolik yang membantu semua perempuan berbagai usia berlatih. Jangan lupakan kehadiran Coach yang akan selalu mendampingimu.

Hubungi kami sekarang!