Artikel & Tips
Motivasi, inspirasi, serta informasi untuk menjalankan hidup sehat


18 Jun 2021
  1. Makan berbagai jenis makanan sehat

Tahukah kamu bahwa tubuh manusia membutuhkan lebih dari 40 nutrisi berbeda? Kebutuhan 40 nutrisi tersebut tidak dapat didapatkan dari satu jenis makanan. Tapi tenang saja, keseluruhan nutrisi tersebut tidak berarti harus sekaligus dikonsumsi dalam sekali makan, namun merupakan akumulasi dari asupan nutrisi dari waktu ke waktu.

Dengan begitu, dari waktu ke waktu, kamu harus memakan beragam makanan agar mendapatkan nutrisi yang seimbang. Misalnya hari ini kamu mengonsumsi daging ayam, mungkin kamu bisa mengonsumsi ikan pada hari esok, dan sebagainya.

 

  1. Kurangi gula dan garam

Gula memberikan rasa manis yang membuat kita sering ketagihan. Enak sih, tapi jika dikonsumsi berlebihan, gula akan berdampak buruk pada kesehatanmu, salah satunya diabetes. Jika kamu ingin memakan makanan manis, kamu bisa mengganti gula dengan madu atau buah-buahan.

Sama halnya dengan gula, garam juga tidak baik jika dikonsumsi dalam jumlah banyak. Asupan garam yang tinggi dapat mengakibatkan tinggi tekanan darah, dan meningkatkan risiko dari penyakit kardiovaskular. Mulai sekarang cobalah batasi konsumsi garam. Jangan menyediakan garam di atas meja, jangan menambahkan garam sebelum mencicipi masakan, dan pilihlah produk dengan natrium rendah saat berbelanja.

 

  1. Makan secara teratur, kendalikan ukuran porsinya

Kunci pola makan yang baik adalah memakan berbagai jenis makanan sehat secara teratur dan dalam porsi yang tepat. Jangan pernah melewatkan sarapan karena itu akan memicumu untuk makan dalam porsi yang besar saat makan siang. Daripada begitu, akan jauh lebih baik jika kamu selalu sarapan bergizi agar porsi makan siangmu terkendali dan tubuhmu pun akan berenergi sepanjang hari.

Jika kamu sulit mengatur porsi makan, mulai sekarang cobalah untuk makan menggunakan piring yang lebih kecil, dan menyediakan cemilan sehat untuk berjaga-jaga jika rasa lapar tiba-tiba datang. Kamu bisa menyediakan yogurt tanpa gula, buah-buahan, jus, atau smoothie untuk cemilanmu.

 

  1. Gantikan lemak jenuh dengan lemak tak jenuh

Kata siapa lemak tidak penting? Nyatanya tubuh kita membutuhkan lemak untuk menjalankan fungsinya dengan baik. Namun, lemak akan berbahaya jika dikonsumsi dalam jumlah berlebih, misalnya akan membuat kita kelebihan berat badan dan mengganggu kesehatan jantung.

Mulai seakrang cobalah untuk membatasi asupan lemak dan mengganti asupan lemak jenuh menjadi lemak tak jenuh. Daripada digoreng, makanlah daging atau ikan dengan cara dikukus atau dipanggang.

 

  1. Minum banyak cairan dan biasakan untuk selalu bergerak

Kita membutuhkan cairan untuk membuat tubuh berfungsi dengan baik. Dalam kondisi normal, orang dewasa perlu minum setidaknya 1,5 liter cairan sehari. Kemudian, kebutuhan asupan cairan akan terus meningkat seiring dengan aktivitas fisik dan panasnya cuaca.

Usahakan untuk terus aktif bergerak setiap hari, seperti lebih memilih tangga daripada lift, berjalan kaki ke minimarket, dan sebagainya agar tubuhmu tetap terlatih, kuat, fleksibel sehingga organ-organ dalam kamu juga sehat. Jangan lupa untuk selalu membawa air minum dimana pun kamu berada. Jangan menunggu sampai merasa haus. Minumlah banyak air secara bertahap, apalagi jika cuaca sedang panas dan ketika berolahraga.

 

Itulah 5 tips agar kita selalu sehat setiap hari. Di masa pandemi Covid-19 ini, jangan lupa untuk selalu menerapkan protokol kesehatan. Jangan sampai lengah, mari kita jaga diri dan orang-orang terkasih dari paparan virus berbahaya ini! 😊

 


15 Jun 2021

Tips Hidup Lebih Bahagia

Siapa nih yang pagi-pagi udah lesu? Gak semangat? Rasanya kurang antusias dan kurang bahagia gitu….

Nah, kalau sering atau bahkan sedang merasa begitu, tandanya kamu harus segera melakukan perbaikan gaya hidup. Agar kamu lebih sehat, lebih bahagia, dan lebih produktif, tentu saja kamu harus memiliki amunisi untuk mendorongnya. Yuk simak ulasannya di bawah ini:

 

  1. Makan makanan bergizi

Kita semua mengetahui bahwa kita harus mengonsumsi makanan bergizi. Tetapi, apakah sudah dilakukan dalam kehidupan sehari-hari?

Biasanya, banyak orang masih berpikiran bahwa mengonsumsi makanan bergizi ditujukan bagi orang yang sedang menjalani program diet atau pengobatan penyakit tertentu. Padahal, makanan bergizi penting untuk semua orang.  Bagaimana kamu bisa menjaga energi dan stamina setiap hari jika amunisi atau bahan bakarmu kurang dan tidak berkualitas?

 

  1. Tidur yang cukup

Bagi orang dewasa disarankan untuk tidur 7-8 jam sehari. Pernah gak sih ketika kurang tidur, kamu merasa resah, cemas, atau bad mood? Kalau pernah, itu wajar, karena tidur bukan hanya untuk menambah energi, tetapi berkaitan erat juga dengan mood dan motivasi.

Perlu kamu ketahui juga, tidur tidak bisa diakumulasikan ke dalam satu waktu. Jika kamu mengalami masalah kurang tidur, mulai sekarang cobalah untuk tidak membuka handphone atau laptop di tempat tidur agar tubuh dan pikiranmu paham waktu tidurmu.

 

  1. Positif thinking pada orang lain

Memiliki pikiran negatif cukup menguras pikiranmu. Jika kamu sering menilai/ menghakimi orang lain, cobalah untuk menghentikan kegiatan tersebut, karena itu akan menyebabkan dirimu menilai diri sendiri secara negatif. Daripada memberi perhatian buruk, cobalah untuk melakukan hal-hal baik kepada orang lain. Tidak perlu hal yang besar, kamu bisa memulainya dengan tersenyum kepada orang lain yang bertemu denganmu, atau dengan mengatakan hal-hal baik kepada orang-orang di sekitarmu.

 

  1. Berteman dengan orang-orang baik

Lama kelamaan, lingkungan akan mempengaruhi suasana hati dan pola pikirmu. Kamu harus meninggalkan lingkungan yang memiliki pandangan negatif, pesimis, dan sering mengeluh, karena secara tidak disadari, kamu pun jadi akan berpikiran demikian.

Bergabunglah dengan orang-orang yang memancarkan hal-hal positif yang membuatmu menjadi lebih optimis dan bersemangat. Dengan demikian, energi positif akan selalu mengitarimu.

 

  1. Lakukan sesuatu yang berarti setiap hari

Coba pikirkan hal apa yang biasanya membuatmu lebih bersemangat. Memasak? Mendengarkan lagu? Membaca buku? Menonton film? Atau apa?

Nah, jika kamu sudah menemukan apa yang kamu sukai cobalah untuk menyisihkan beberapa waktu dalam sehari untuk melakukan kesukaanmu tersebut agar moodmu terjaga bahkan meningkat. Dengan demikian, kamu pun akan lebih bersemangat dalam menjalani segala aktivitasmu.

 

  1. Berolahragalah secara teratur

Pernahkan kamu merasa pegal-pegal ketika bangun tidur? Pernahkah kamu merasa lelah di tengah aktivitasmu? Atau merasa kehabisan napas ketika melakukan pekerjaan sederhana seperti melakukan pekerjaan rumah tangga atau berbelanja?

Jika pernah, kamu tidak boleh menunda lagi olahraga. Lakukan olahraga ringan secara konsisten. Kamu bisa mencoba untuk berjalan kaki selama 30 menit sehari setelah bangun tidur, dan melengkapinya dengan olahraga 30 menit di Curves minimal 3 kali seminggu. Dengan demikian, tubuhmu akan lebih fleksibel dan kuat.

 

Cobalah 6 tips di atas, lalu dapatkan hidup yang lebih sehat, lebih produktif, dan lebih bahagia.

Jika ingin mendaftar dan mendapatkan informasi lebih lanjut, silahkan kirimkan NAMA+NO HP+KLUB TERDEKAT ke Instagram Curves Indonesia.


09 Jun 2021

Tips Sehat Bekerja Di Depan Komputer

 

Di era sekarang, bekerja di depan komputer baik itu di kantor ataupun di rumah, adalah kegiatan yang umum dilakukan. Hal iu bahkan bisa dilakukan sepanjang hari. Bahkan, karena keasyikan, mungkin Anda juga sering lupa waktu sehingga melewatkan waktu makan, minum, bahkan lupa untuk bergerak.

Jika hal itu dilakukan secara terus-menerus, tubuh Anda pun akan merasakan dampak buruknya, kelebihan berat badan, masalah punggung, dan beberapa masalah kesehatan lainnya. Untuk meminimalisir akibat buruk bekerja di depan komputer, Curves punya beberapa tips untukmu:

 

  1. Atur Posisi Duduk

Meja duduk ataupun meja berdiri sama buruknya jika digunakan dalam waktu yang lama tanpa henti. Tubuh Anda tidak diperuntukkan duduk di depan komputer sepanjang hari karena hal tersebut membuat tubuh mendapat banyak tekanan. Hal itu pun akan diperparah jika posisi duduk anda tidak baik, seperti membungkuk saat bekerja.

Dengan demikian, untuk mengurangi dampak buruk dari hal tersebut, mulailah dengan mengatur posisi duduk Anda. Selalu perhatikan posturmu saat duduk, jangan sampai tubuhmu bungkuk karena dapat menyebabkan sakit punggung.

 

  1. Jaga Kebersihan Meja

Salah satu hal yang sering diabaikan oleh Anda adalah kebersihan meja kerja. Jika meja tidak rutin dibersihkan, dari waktu ke waktu bakteri akan menumpuk dan akan menimbulkan penyakit pada diri Anda.

Mulai sekarang cobalah untuk secara teratur membersihkan meja, layar komputer, keyboard, mouse, dan seluruh area kerja Anda setiap hari. Jangan lupa untuk melengkapi lap sanitasi dengan mencuci tangan secara teratur dan selalu sediakan handsanitizer di meja kerja Anda.

 

  1. Selalu Sediakan Air Putih dan Makanan Sehat

Bekerja di depan komputer sering membuat Anda lupa waktu. Anda pun sering melewatkan waktu makan dan minum. Sekalinya ingat makan, Anda terburu-buru sehingga memesan junkfood. Padahal, junkfood mengandung kalori, gula, dan lemak yang tinggi sehingga justru akan menambah masalah pada kesehatan Anda.

Untuk menghindari hal tersebut, cobalah untuk selalu menyediakan air minum, juga menyiapkan dan membawa bekal berisikan makanan atau cemilan sehat, seperti salad, yogurt, ayam bakar, dan sebagainya.

 

  1. Istirahatkan Mata Dari Layar Komputer

Menatap layar komputer sepanjang hari membuat mata Anda tegang dan lelah. Anda juga terkadang lupa untuk berkedip secara konsisten seperti biasanya. Jika terus begitu, lama-kelamaan Anda akan terkena masalah penglihatan, sakit kepala, dan sebagainya.

Untuk menghindari hal tersebut, cobalah untuk secara sadar berkedip, dan meluangkan waktu selama beberapa menit untuk menutup mata dan membiarkannya beristirahat.

 

  1. Bangun Dan Bergerak Secara Teratur

Yang terpenting dalam bekerja di depan komputer adalah selalu berusaha untuk menyempatkan bangun dan bergerak di sela-sela duduk menatap layar. Agar tidak lupa, Anda bahkan bisa juga mengatur alarm setiap jam.

Bangun dan bergeraklah selama beberapa menit. Anda bisa berjalan ke toilet atau berkeliling sejenak untuk membantu mengurangi ketegangan pada punggung dan leher, menjaga fleksibilitas tubuh, meningkatkan sirkulasi darah Anda, dan juga membakar kalori.

 

Nah itulah 5 tips bekerja sehat di depan komputer. Untuk menjaga kesehatan Anda secara maksimal, sempatkanlah untuk berolahraga rutin minimal 3 kali dalam seminggu. Anda bisa daftar ke Curves Indonesia dan melakukan konsultasi dengan para coach untuk menyesuaikan metode olahraga dengan kondisi tubuh Anda.

Segera kirimkan Nama+No HP+Klub Terdekat ke DM Instagram Curves Indonesia untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.


07 Jun 2021

Cara Menjaga Kesehatan Mental

 

Selain fisik, bagian penting dari kebugaran dan kesehatan secara menyeluruh adalah kesehatan mental. Berikut ini beberapa hal penting untuk menjaga kesehatan mental Anda.

 

  1. Dapatkan Banyak Sinar Matahari

Sinar matahari, khususnya di pagi hari, sangat bermanfaat untuk diri Anda. Sinar matahari adalah sumber vitamin D yang berperan penting bagi tubuh dan otak Anda. Sinar matahari membantu otak untuk melepaskan hormon endorfin dan serotonin yang mampu meningkatkan mood kita.

Cobalah keluar rumah dan dapatkan sinar matahari selama 30 menit hingga dua jam. Jika memungkinkan, Anda baiknya berjemur di pagi hari, namun apabila tidak bisa, Anda boleh juga berjemur di jam-jam lainnya namun Anda harus memastikan kulit dan mata Anda tetap aman.

 

  1. Makan Dengan Baik

Pastikan untuk selalu memenuhi asupan vitamin dan mineral untuk tubuh Anda setiap harinya, karena kekurangan nutrisi akan berdampak buruk. Salah satu contohnya, jika Anda kekurangan zat besi dan vitamin B12, Anda akan merasa murung.

Mulai sekarang, cobalah untuk selalu menyediakan sayuran, buah-buahan, juga protein yang diolah dengan baik di rumah.

 

  1. Hindari Kafein, Rokok, dan Alkohol

Kafein berlebihan dapat membuat Anda merasa gelisah dan cemas. Begitupun dengan rokok dimana ketika merokok tubuh dan otak akan mengalami putus zat yang membuat Anda mudah cemas dan tersinggung. Maka dari itu, mulai sekrang cobalah untuk mengurangi bahkan meninggalkan kafein dan rokok.

Selain itu, Anda juga harus memastikan untuk meninggalkan alkohol karena alkohol dapat membuat Anda kehilangan Tiamin yang penting untuk fungsi otak. Jika Anda kekurangan bahkan kehilangan Tiamin, maka kualitas daya ingat Anda akan berkurang, juga mengalami masalah mata, motorik (koordinasi), dan kebingungan.

 

  1. Tidur Yang Cukup dan Olahraga Rutin

Tidur berperan penting untuk kesehatan mental Anda. Tidur membantu menjaga dan meningkatkan mood.  Jika kurang tidur, Anda akan mudah merasa tertekan dan cemas. Selain itu, cobalah untuk konsisten berolahraga karena olahraga dapat menigkatkan mood Anda. Olahraga dapat menghilangkan kecemasan, stress, rasa lelah, dan rasa malas. Anda tidak perlu terlalu berlebihan dalam olahraga, cukup 30 menit sehari namun konsisten.

***

 

Curves Indonesia
Curves Indonesia Fitness Khusus Wanita

 

Mari berolahraga di Curves Indonesia. Curves  adalah gym khusus wanita yang telah memiliki cabang di lebih dari 90 negara di dunia. Curves adalah olahraga yang aman dan efektif karena menggunakan mesin hidrolik khusus wanita dan Anda pun akan selalu didampingi pelatih professional.

 

Silahkan kirimkan NAMA + NO HP + KLUB TERDEKAT ke DM Instagram @curvesindonesia untuk pendaftaran dan info selanjutnya.


06 Jun 2021

TIPS SEDERHANA AGAR SUKSES BEROLAHRAGA

Olahraga adalah hal yang sangat penting dan bermanfaat untuk tubuh. Namun, olahraga perlu ditunjang oleh hal-hal lain agar hasilnya bisa lebih maksimal. Yuk simak tips sederhana agar sukses berolahraga di bawah ini:

 

  1. Pastikan Cukup Tidur

Tidur adalah waktu tubuhmu mengisi ulang ‘baterai’ dan melakukan regenerasi. Dengan tidur yang cukup, tubuhmu akan kembali segar dan bugar ketika bangun tidur. Dengan demikian, kamu pun akan lebih siap untuk melakukan berbagai aktivitas sepanjang hari. Jika tubuhmu merasa lelah, kamu juga bisa melakukan tidur siang selama setengah jam. Jangan sampai berolahraga tapi selalu memiliki kebiasaan bergadang karena bisa jadi tubuhmu malah kelelahan.

 

  1. Makan Makanan Bergizi dan Tidak Makan Berlebihan

Cobalah untuk selalu menjauhi makanan manis dan berlemak tinggi. Jika merasa lapar, cobalah untuk minum segelas air putih lalu makanlah buah-buahan, sayuran, serta protein yang diolah dengan baik dan sehat.

Aturlah porsi makan untuk tidak berlebihan dan sebaiknya mengatur waktu makan. Selain itu, cobalah untuk merencanakan makan lebih sering namun dalam porsi yang lebih kecil, daripada makan tiga kali besar sepanjang hari. Hal ini akan membantu untuk bernapas lebih lancar saat berolahraga. Kamu pun tidak akan merasa terengah-engah.

 

  1. Usahakan Tetap Aktif Setiap Hari

Selain berolahraga secara rutin, kamu juga sebaiknya berusaha untuk selalu aktif setiap hari. Cobalah untuk melakukan peregangan di pagi hari setelah bangun tidur dan di malam hari sebelum tidur. Kemudian, dalam aktivitas sehari-hari, pilihlah kegiatan yang membuat fisikmu aktif. Misalnya ketika kamu hendak naik ke lantai dua, cobalah untuk menaiki tangga daripada lift atau elevator. Kemu juga bisa memilih berjalan kaki daripada mengenakan kendaraan jika hendak pergi ke minimarket. Hal-hal seperti itu akan membuat tubuhmu tetap bugar, fleksibel, dan terhindar dari gangguan otot, tulang, dan sendi.

 

  1. Jagalah Motivasi

Selain yang berhubungan dengan fisik, hal yang tidak kalah pentingnya adalah pikiran. Cobalah untuk selalu berpikir positif dan menjaga motivasi untuk memiliki gaya hidup yang lebih sehat jangka panjang. Dengan demikian, kamu akan menjalankan aktivitas sehari-hari dengan bahagia.

 

Itulah tips sehat pendamping olahraga ala Curves Indonesia.

 

***

 

Mari berolahraga di Curves Indonesia. Curves  adalah gym khusus wanita yang telah memiliki cabang di lebih dari 90 negara di dunia. Curves adalah olahraga yang aman dan efektif karena menggunakan mesin hidrolik khusus wanita dan Anda pun akan selalu didampingi pelatih professional.

 

Silahkan kirimkan NAMA + NO HP + KLUB TERDEKAT ke DM Instagram @curvesindonesia untuk pendaftaran dan info selanjutnya.